Burung Perkutut Malas Bersuara? Inilah Penyebabnya

Pendidikan —Minggu, 19 Feb 2023 19:13
    Bagikan  
Burung Perkutut Malas Bersuara? Inilah Penyebabnya
Pinterest

DepostBali,- Dalam memelihara perkutut, kamu wajib memiliki pengetahuan yang luas. Pengetahuan itu akan menjadi bekal kamu dalam merawat dan memelihara burung perkutut.

Sebagaimana yang telah dilakukan para kicau mania pendahulu, memelihara burung perkutut memang perlu keseriusan yang sangat tinggi. Apalagi jika kamu berniat mengikutsertakan perkutut ke sebuah perlombaan/kontes kicau.

Pastinya burung peliharaanmu harus bersuara gacor. Jika tidak, kamu akan kalah. Terlebih jika burung peliharaanmu malas untuk bunyi. Bagaimana caranya untuk menang?

Apabila burung kesayanganmu malas bunyi, lebih baik ketahui penyebab-penyebabnya di sini. Tidak khusus untuk diikutsertakan dalam perlombaan, suara perkutut memang telah menjadi sapaan paling ramah bagi para kicau mania.

Jadi, para kicau mania sejati pasti akan sangat galau jika burung peliharaannya tidak bersuara. Kira-kira apa penyebabnya, ya? Menurut kanal YouTube Majalah Lovebird, ada 5 penyebab burung perkutut jadi malas berkicau, satu di antaranya adalah stres.

Tapi bukan cuma stres, ada beberapa penyebab lagi. Berikut di antaranya:

1. Stres
Stres masih menjadi salah satu penyebab utama burung perkutut malas bunyi. Tidak hanya dialami oleh manusia, ternyata burung hias yang satu ini juga bisa merasakan stres. Hal ini biasanya terjadi karena perkutut merasa tidak nyaman atau merasa terancam oleh lingkungan sekitar. Cara mengatasinya adalah dengan menutup sangkar perkutut rapat-rapat.

Baca juga: Drama Korea Taxi Driver 2: Melanjutkan Petualangan Menghukum Kriminal!

2. Pakan
Pemberian pakan yang asal-asalan tentu sangat tidak baik untuk perkutut. Berilah burung pelihaaran kamu pakan yang sehat dan berkualitas. Dengan begitu, mood peliharaan kamu pasti membaik dan bisa berkicau seperti sediakala.

3. Perawatan
Memelihara burung bukan cuma tentang kicaunya yang merdu. Perawatan yang baik dan benar juga perlu kamu lakukan dalam memelihara burung hias ini. Pasalnya, telah banyak terjadi kasus perkutut malas bunyi yang disebabkan oleh ketidaktahuan para kicau mania.

4. Sangkar
Tidak hanya kesehatan, tempat tinggal atau sangkar burung perkutut juga wajib diperhatikan. Sangkar yang tidak nyaman juga salah satu penyebab burung peliharaanmu malas bunyi, lho.
Pilihlah sangkar yang cocok dan bagus demi kenyamanan burung peliharaan kamu.

5. Adaptasi
Adaptasi membuat perkutut malas untuk berkicau, cara menumbuhkan kenyamanannya kembali sama dengan meredakan stres, yaitu dengan menutup sangkar rapat-rapat.
Itulah penyebab dan cara mengatasi burung perkutut malas bunyi.*RIN

Baca juga: Pasca Operasi Cedera, Sidik Saimima Alami Perkembangan Positif

Editor: Ajay
    Bagikan  

Berita Terkait