Longsor yang Berdampak Kelahan Persawahan

News —Rabu, 12 Jul 2023 12:08
    Bagikan  
Longsor yang Berdampak Kelahan Persawahan
longsor,jabar

DEPOSTBALI-, Telah terjadi bencana longsor yang berdampak pada lahan persawahan di Kampung Lembur Tengah, RT 03 RW 09, Desa Sukanagara, Kecamatan Peundeuy, pada hari Sabtu lalu.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Wardi Sudrajat, menyampaikan bahwa bencana longsor tersebut terjadi dikarenakan adanya hujan dengan intensitas yang cukup tinggi pada hari Sabtu lalu.

"Kemudian dampak dari bencana longsor tersebut ini menghancurkan area persawahan, kurang lebih tiga hektar sedangkan area persawahan yang terancam kurang lebih satu hektar," ucapnya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya kini dibantu juga dua satwa K9 dari Yon Raider 300 Brajawijaya Cianjur, jenis Pitbull dan Helder untuk melakukan pencarian, di mana akibat kejadian tersebut diduga terdapat masyarakat yang tertimbun oleh materi longsor.

Baca juga: Tips Agar Hidup Bahagia

"Dan kami mengupayakan secara kerja gotong royong membersihkan berusaha mencari survivor yang memang dinyatakan hilang tapi itu masih diduga," ucapnya pada Minggu (9/7/2023).

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Bandung, Supriono, menyampaikan bahwa pihaknya bekerja sama dengan unsur potensi SAR, baik dari pemerintah, swasta, ataupun relawan.

Supriono mengatakan, bahwa pihaknya telah menentukan tiga sektor, di mana sektor pertama difokuskan dengan alat eksavator atau beco, sektor kedua melakukan pencarian menggunakan tiga unit alkon, sektor tiga melakukan pencarian oleh masyarakat dengan alat tradisional cangkul dan sekup.

Baca juga: Ciri Ciri Redflag Untuk Diri Sendiri

Editor: Widya
Tags :
longsor
sawah
    Bagikan  

Berita Terkait