Doa Menyembelih Hewan Kurban

News —Kamis, 22 Jun 2023 09:38
    Bagikan  
Doa Menyembelih Hewan Kurban
( FOTO :*PINTEREST )

DEPOSTBALI-, Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah yang bertepatan dengan hari Kamis 29 Juni 2023 tinggal menghitung hari dalam pelaksanaannya.

Dalam menyembelih hewan kurban ini terdapat tata cara dan urutan doa. Mengutip islam.nu.or.id, Rabu, 21 Juni 2023, penyembelihan hewan kurban adalah bagian dari ibadah yang sangat dianjurkan.

Untuk menyempurnakan ibadah itu, umat muslim dianjurkan untuk berdoa ketika penyembelihan hewan kurban.

Inilah doa yang dibaca sesaat sebelum hewan kurban kita disembelih. Doa ini dibaca dengan harapan Allah menerima ibadah kurban kita.

'Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm.'

Artinya, 'Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.'

Baca juga: Menikmati Indahnya Sawah Asri di tegalalang

Doa ini bisa ditemukan antara lain di buku Irsyadul Anam fi Tarjamati Arkanil Islam karya Sayid Utsman bin Yahya atau Tausyih ala Ibni Qasim karya Syekh M Nawawi bin Umar Banten.

Namun, ada sejumlah doa yang dianjurkan ketika akan mengambil ancang-ancang untuk menyembelih hewan kurban. Hal ini ditunjukkan oleh Syekh M Nawawi Banten dalam Tausyih ala Ibni Qasim.

Menurutnya, sebelum menghadapkan hewan kurban ke kiblat dan siap menggoreskan senjata tajam, dianjurkan membaca bismillâh, lengkap dan sempurnanya bismillâhir rahmânir rahîm.

Setelah itu dianjurkan membaca sholawat untuk Rasulullah SAW, bertakbir tiga kali. Setelah menghadap kiblat dan sesaat sebelum menyembelih, dianjurkan membaca doa menyembelih seperti di atas.

Baca juga: Ungkap Tentang Perselingkuhan Syahnaz Sadiqah dengan Rendy Kjaernett

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait