Gerakan Indonesia Menabung Lewat Simpanan Pelajar Didukung Oleh Walikota Jayanegara

News —Kamis, 4 May 2023 13:30
    Bagikan  
Gerakan Indonesia Menabung Lewat Simpanan Pelajar Didukung Oleh Walikota Jayanegara
FOTO: denpasarkota.go.id

DEPOSTBLI,- Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mendukung gerakan Indonesia Menabung melalui Simpanan Pelajar (Simpel). Hal tersebut merupakan implementasi nyata gerakan Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar) dalam mendukung Generasi Denpasar Digital (Gen Dental). Demikian terungkap saat Eksebisi Pelajar dan Literasi Keuangan melalui Program Gen Dental di SMPN 14 Denpasar bertepatan dengan Hari Pendidikam Nasional (Hardiknas), Selasa (2/5). 

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Direktur OJK Bali Nusra Budi Susetyo, Direktur Utama BPD Bali, I Nyoman Sudharma, Direktur Bisnis BPD Bali, I Nyoman Sumanaya,  Kepala Bapenda Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya serta undangan lainya. Dalam kesempatan yang sama turut dilaksanakan secara simbolis scan Qris BPD Bali, meninjau stand UMKM SMP N 14 Denpasar, Penandatanganan MoU, Pengukuhan Gen Dental SMPN 3 Denpasar, SMPN  8 Denpasar dan SMPN 14 Denpasar oleh Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Direktur Utama BPD Bali, I Nyoman Sudharma. 

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, Pemerintah Kota Denpasar melalui Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah berkomitmen meningkatkan literasi dan inkluasi keuangan di kalangan pelajar. Hal ini mengingat literasi dan inklusi keuangan dapat memberikan manfaat besar, terutama  untuk mengenalkan pelajar tentang produk dan jasa bidang keuangan. 

Lebih lanjut dijelaskan, pembayaran digital saat ini tidak hanya dilaksanakan di tempat tertentu saja. Lebih jauh dari pada itu pelaksanaannya juga menyasar sekolah-sekolah. Pembayaran digital mulai diterapkan guna mendukung proses transaksi yang efektif dan efisien. Sehingga nantinya siswa dapat mengurangi penggunaan uang tunai. 

"Gen Dental sudah kita launching di SMPN 2 Denpasar bulan Februari lalu, kini terus kita perluas, Goalnya nanti adalah seluruh SMP Negeri di Kota Denpasar yang juga dapat ditiru sekolah swasta lainya," ujarnya

Selain percepatan digitalisasi, Lanjut Jaya Negara, Pemkot Denpasar juga mendorong akselerasi melalui program Satu Pelajar Satu Rekening (Kejar). Hal ini merupakan program jangka panjang pemerintah dalam mendukung budaya menabung sejak dini yang dapat diaplikasikan melalui Simpanan Pelajar (Simpel). 

Baca juga: Tayang Hari Ini! Jangan Lewatkan Petualangan Penuh Aksi Guardians Of The Galaxy Vol.3

"Harapan besar pemerintah melalui program Simpel (Simpanan Pelajar) ini adalah untuk mendukung Gerakan Indonesia Menabung sebagai upaya membentuk generasi penerus yang memiliki ketrampilan keuangan yang memadai menuju kesejahteraan," ujar Jaya Negara

Direktur Utama BPD Bali, I Nyoman Sudharma menjelaskan, Gen Dental merupakan upaya meningkatkan Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD. Tak hanya itu, kegiatan ini juga mendukung pemenuhan program unggulan Championship P2DD Pemerintah Kota Denpasar bekerja sama dengan Bank BPD Bali.

"Penekanan kegiatan ini lebih kepada KREASIMUDA (KEJAR Prestasi Generasi Muda) yang tujuannya untuk mendukung peningkatan inklusi keuangan serta menanamkan budaya menabung pada segmen Pelajar dan Mahasiswa melalui Program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) serta Program Simpanan Mahasiswa dan Pemuda (SiMuda)," ujarnya

Sementara itu, Kepala SMP N 14 Denpasar, Ni Nengah Sujani, S.Pd,. M.Pd mengatakan dengan dibangunnya SMPN 14 Denpasar tentunya menjadi kewajiban bersama untuk menjaga dan mengembangkan sekolah ini menjadi wadah untuk mendukung generasi emas Indonesia. 

Pihaknya mengaku sangat terharu dan berterimakasih atas dipilihnya SMPN 14 Denpasar menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Program Eksebisi dan Literasi Digital melalui Program Gen Dental. Sehingga kedepan menjadi generasi yang melek terhadap digitaliasi masa kini. 

"Semoga program Program Eksebisi dan Literasi Digital melalui Program Gen Dental  ini menjadi momentum SMPN 14 Denpadar menjadi top leader pendidikan, intinya kami bersama seluruh siswa siap mengimplementasikan satu rekening satu pelajar untuk mewujudkan simpanan pelajar yang berkemanfaatan serta efektif dan efisien," ujarnya. (Ags/HumasDps).

Baca juga: Jelang Laga Hadapi Myanmar, Tim U-22 Indonesia Jalani Latihan Pemulihan

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait