Dewa Made Indra Himbau Instansi Lakukan Simulasi untuk Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana

News —Rabu, 26 Apr 2023 12:07
    Bagikan  
Dewa Made Indra Himbau Instansi Lakukan Simulasi untuk Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana
FOTO: baliprov.go.id

DEPOSTBALI,- Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra menghimbau instansi/organisasi di Bali untuk mengunduh aplikasi InaRisk Personal di Playstore/IOS untuk mengetahui informasi ancaman bencana di lokasi masing-masing dan mengikuti rekomendasi cara mengurangi risikonya. Hal ini disampaikannya melalui siaran pers di Denpasar, Selasa (25/4).

Himbauan ini merupakan bagian dari langkah-langkah kesiapsiagaan sebagai tindak lanjut radiogram Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 300.1.7/2278/SJ Tanggal 18 April 2023 terkait peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang jatuh setiap tanggal 26 April.

Selain mengunduh aplikasi, langkah selanjutnya instansi juga diminta menyusun rencana/prosedur kedaruratan, membentuk tim tanggap darurat, menyiapkan sarana prasarana kedaruratan serta melaksanakan simulasi/latihan dan evaluasi secara berkala.

Baca juga: Cara Mengatasi Diare dengan Ampuh

“Melaksanakan dan/atau mengarahkan jajaran instansi/organisasi masing-masing sampai ke tingkat kecamatan, kelurahan/desa dan desa adat untuk melaksanakan simulasi/latihan evakuasi mandiri secara serentak pada tanggal 26 April 2023 pada pukul 10.00 WITA yang ditandai dengan membunyikan kentongan/lonceng/alarm/sirine sebagai tanda terjadinya bencana (sesuai ancaman bencana setempat),” kata Dewa Indra menyampaikan langkah selanjutnya yang harus dilakukan instansi/organisasi.

Terakhir, instansi/organisasi juga diminta agar mendokumentasikan simulasi/latihan yang dilakukan serta mengunggah ke media sosial dengan mencantumkan hastag : #HKB2023 #HKBBali2023 #SiapUntukSelamat #BaliSiapUntukSelamat

Baca juga: Tips Menanam Kacang Tanah dengn Mudah

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait