Peran Sekolah Farmasi ITB Pada Aksi "ITB Cepat Tanggap" Bencana Gempa Bumi Cianjur

News —Selasa, 29 Nov 2022 14:00
    Bagikan  
Peran Sekolah Farmasi ITB Pada Aksi
Peran Sekolah Farmasi ITB Pada Aksi "ITB Cepat Tanggap" Bencana Gempa Bumi Cianjur.* (FOTO: Istimewa)

DEPOSTBALI (JAWA BARAT),- Bencana alam Gempa Bumi Cianjur yang terjadi pada, Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB membuat Indonesia berduka. Setidaknya, ada 320 lebih nyawa yang menjadi korban dalam musibah ini. hal ini membuat ITB melakukan aksi tanggal becanda untuk membantu masyarakat di daerah bencana Cianjur.

Ada 13 tim dari ITB yang membantu dan berkegiatan di daerah Cianjur. Mulai dari tim penyediaan shelter/tenda penampungan, tim penyediaan dan pengelolaan air bersih, tim pemasangan seismograf untuk pemantauan aktivitas gempa, tim incinerator hingga tim yang bertugas melakukan bantuan pendampingan psikososial.

Salah satu bentuk aksi ITB Tanggap Bencana Cianjur tersebut berupa kegiatan penyaluran logistik, bantuan kesehatan, dan kegiatan pendampingan psikososial yang diorganisir oleh Sekolah Farmasi (SF) ITB dan berkolaborasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITB. 

Baca juga: 6 Wakil Indonesia yang Akan Bertanding di BWF World Tour Finals 2022


Dalam upaya memaksimalkan bantuan yang diberikan, tim telah melakukan pemetaan dan perencanaan sejak hari Selasa tanggal 22 November 2022. Dari diskusi intensif dengan para kolega apoteker PD IAI Kabupaten Cianjur, relawan apoteker tanggap bencana serta relawan lain yang sudah berada di lokasi, diperoleh informasi kebutuhan mendesak seperti obat-obatan, barang medis habis pakai, makanan dan bahan makanan, selimut, kain kafan, popok bayi, popok dewasa, susu, makanan pengganti ASI, kayu putih / minyak telon, dll yang diperlukan oleh para korban bencana. Setelah diperoleh data kebutuhan, dilakukan pengadaan barang yang dananya berasal dari LPPM ITB dibantu dengan hasil penggalangan donasi dari stakeholders Sekolah Farmasi - ITB. 

Untuk memaksimalkan peran bantuan tiap pihak terkait, SF telah menerima bantuan donasi dari masyarakat yang ingin berkontribusi membantu korban, dari informasi tersebut didapatkan beragam bantuan baik dari individu, Lembaga maupun Perusahaan. . Beberapa perusahaan yang membantu seperti PT. Kimia Farma, PT. Sanbe Farma, PT. Dena Danar Djaya, PT. Anugrah Argon Medica, PT. Dexa Medika, PT. Benfood Dinamika Sentosa, PT Imedco Djaja serta Ganeshfit. Adapun Lembaga yang membantu seperti Ikatan Alumni Farmasi ITB serta Ikatan Apoteker Indonesia. Dari berbagai bantuan tersebut, didapatkan bantuan berupa makanan, minuman, suplemen kesehatan, obat-obatan, perlengkapan kesehatan, pakaian layak pakai lainnya.

Baca juga: Sewu Dino Bagian 31: Nyawa Dibayar Nyawa

Hari sabtu (26 November 2022) jam 6.00 WIB, tim berangkat menuju Cianjur, dan atas kebaikan dan kerja sama Pangkalan TNI Angkatan Laut (LANAL) Bandung, tim SF ITB dikawal hingga lokasi Posko di Pendopo Bupati Cianjur. Keberangkatan dipimpin langsung oleh DANLANAL Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T.,M.Sc., M.Tr.Hanla. 

Sesampainya di pusat bantuan bencana, Pendopo Bupati Cianjur, tim langsung mendistribusikan berbagai kebutuhan dapur dan Kesehatan untuk masyarakat, bantuan langsung diterima oleh Bupati dan dibantu didistribusikan oleh Dinas Kesehatan, perwakilan PD Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Cianjur, dan mitra lainnya. 

Dalam upaya mengisi kurang meratanya bantuan, tim berusaha langsung menyalurkan ke berbagai posko yang masih kekurangan dan memerlukan bantuan, selanjutnya tim menuju ke Instalasi Farmasi Kabupaten Cianjur  untuk mendistribusikan bantuan, dilanjutkan ke Apotek serta relawan mitra yang menjadi pusat distribusi bantuan kepada para korban.

Kegiatan dilanjutkan dengan memberikan bantuan langsung ke posko-posko yang masih belum banyak menerima bantuan langsung, di posko tersebut tim memberikan bantuan kebutuhan harian, dilanjutkan dengan edukasi gaya hidup sehat, serta melakukan kegiatan olahraga Bersama disertai trauma healing / pendampingan psikososial.

Rampungnya  kegiatan ITB Tanggap Bencana yang pertama ini menjadi awalan bagi tim untuk menyiapkan skema dan jenis bantuan yang lebih tepat sasaran dan tepat guna untuk para korban. Direncanakan dalam waktu dekat akan ada pemberangkatan kedua untuk menyalurkan bantuan kembali kepada para korban bencana alam di Kab Cianjur. (PARISAINI R ZIDANIA)

Baca juga: Resep Bola-bola Coklat Dibuat dengan Cara Sederhana

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait