Makanan yang Bisa Meredakan Pegal Pegal

Kesehatan —Selasa, 11 Jul 2023 15:50
    Bagikan  
Makanan yang Bisa Meredakan Pegal Pegal
( FOTO :*(PINTEREST )

DEPOSTBALI-, Tubuh yang lelah akan mudah mengalami sakit. Apalagi bila memiliki aktivitas padat, kurang istirahat, dan konsumsi makanan yang tidak memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Kondisi tubuh yang lelah akan menjadi buruk dan rentan sakit. Belum lagi dengan rasa nyeri dan pegal yang kerap mengiringi penyakit lain. Istirahat pun rasanya belum cukup untuk membuat tubuh kembali fit.

Beberapa makanan dikenal mampu membantu meredakan nyeri tubuh dan pegal linu. Mengonsumsinya diiringi istirahat cukup bisa membuatmu kembali bugar. Melansir dari Health Line berikut deretan makanan yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan nyeri dan pegal.

  1. Kunyit

Tak diragukan lagi kunyit dapat mengurangi peradangan tanpa memberi efek samping. Senyawa dalam kunyit mempengaruhi sel untuk menjadi antibodi yang menjaga dari serangan virus dan bakteri. Konsumsi kunyit dalam bentuk minuman herbal atau jamu bisa membantumu cepat pulih dari tubuh yang nyeri.

  1. Cabai

Cabai dikenal sebagai makanan yang bisa menghilangkan rasa nyeri. Beberapa penelitian menunjukkan mengonsumsi cabai saat tubuh lelah, nyeri, atau terserang penyakit bisa membantu pemulihan lebih cepat dan mengurangi peradangan.

Baca juga: Mie Gogod Khas Jawa Tengah

  1. Ceri

Buah ceri memiliki senyawa yang dikenal sebagai antioksidan. Senyawa ini berfungsi mengurangi rasa sakit. Banyak ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi ceri saat mengalami peradangan tulang atau merasakan nyeri pada tulang dan sendi. Konsumsilah dalam bentuk jus atau buah langsung.

  1. Ikan Salmon

Asam lemak omega 3 dalam salmon baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kandungan ini juga mampu mengatasi nyeri sendi atau pegal. Ikan lain yang bisa kamu konsumsi adalah tuna dan sarden. Kedua ikan ini memberi manfaat sama dengan salmon, meski salmon memiliki kandungan yang lebih kuat.

  1. Blueberry

Kelompok buah beri yang satu ini dapat melawan peradangan pada tubuh dan mengurangi rasa sakit. Hal ini termasuk nyeri pada tulang, sendi, atau pegal linu. Buah lain yang memiliki manfaat sama seperti blueberry adalah stroberi dan jeruk.

Saat tubuh terasa nyeri, pegal, atau bahkan sakit pada seluruh tubuh konsumsilah makanan sehat. Lengkapi dengan istirahat cukup dan bila perlu minum obat untuk penanganan khusus.

Baca juga: Ini dia Nasehat Untuk Zodiak Gemini

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait