Fakta Karakter Upin Ipin yang Tidak Semua Orang Tahu

Hiburan —Kamis, 22 Dec 2022 16:13
    Bagikan  
Fakta Karakter Upin Ipin yang Tidak Semua Orang Tahu
Upin Ipin.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Animasi Upin & Ipin bukan main populernya di Indonesia. Beberapa hal tentang anak kembar yatim piatu ini mungkin sudah banyak diketahui publik. Namun tidak semua orang tahu fakta yang sesungguhnya.

Pendiri Les’ Copaque Production Sdn Bhd, yang juga pencipta karakter Upin dan Ipin, Burhanuddin MD Radzi, ketika menerima kunjungan jurnalis Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia-Indonesia (ISWAMI), Rabu 29 Juni 2022 lalu, menuturkan ide membangun perusahaan film animasi ini tercetus dari sang istri, Ainon Ariff. 

  1. Alasan karakter dibuat kembar

Karakter Upin dan Ipin yang merupakan saudara kembar bukan tanpa alasan lho. Anak kembar yang dicerminkan dalam kartun ini punya makna tersendiri bagi Malaysia.

Karakter Upin dan Ipin dibuat kembar karena mencerminkan karakter Malaysia. Ini menunjukkan Malaysia sebagai negara kembar Sabah dan Sarawak.

  1. Nama lengkap Upin dan Ipin

Sebagai tokoh kartun, anak kembar yang lucu ini lebih dikenal dengan nama Upin Ipin. Tidak banyak yang tahu bahwa mereka sebenarnya punya nama lengkap lho. Nama lengkap Upin adalah Aruffin Bin Abdul Salam. Sedangkan, nama lengkap Ipin adalah Ariffin Bin Abdul Salam.

Baca juga: Tips Menahan Nafsu Makan Saat Diet

  1. Asal mula nama kampung Durian Runtuh

Upin dan Ipin tinggal di sebuah desa bernama Kampung Durian Runtuh. Nama ini diambil dari sebuah pohon durian yang hanya satu kali berbuah setiap musim. Para warna berebut untuk mendapatkan durian itu. Akhirnya, Tok Dalang memutuskan untuk meruntuhkan pohon durian tersebut.

  1. Kenapa kepala Upin Ipin botak?

Upin Ipin punya karakter fisik yang khas, yaitu kepala botak. Kenapa ya kepala Upin Ipin dibuat botak?

Ternyata, sebenarnya ini ada alasan teknisnya. Kepala Upin Ipin dibuat botak karena untuk menekan biaya produksi. Kalau ada rambutnya, proses render akan memakan waktu lebih lama. Kalau mau cepat, butuh komputer yang lebih bagus. Tentunya akan lebih memakan biaya.

  1. Penyebab ayah dan ibu Upin Ipin Meninggal

Dalam episode Kenangan Mengusik Jiwa, memperlihatkan foto keluarga Upin Ipin. Di foto tersebut terlihat ayah Upin Ipin adalah seorang tentara, ia bernama Abdul Salam. Sosok ayah si kembar ini merupakan seorang tentara yang telah gugur.

Sedangkan, sang ibu sempat sekilas diceritakan di episode Hari Ibu. Untuk memperingati hari ibu, Upin dan Ipin diajak nenek mereka untuk mengunjungi makam orang tuanya. Tapi, penyebab kematian ibu Upin Ipin tidak diceritakan nih, Bun.

Awalnya, pihak rumah produksi tidak berniat membuat karakter orang tua si kembar ini meninggal. Tapi, kreator animasi ini tidak menciptakan karakter orang tua Upin Ipin karena sudah dikejar deadline. (RA)

Baca juga: Pembukaan Denpasar Festival Dimeriahkan Oleh Garapan Inagurasi Tejarasmi

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait