Asian Games 2023,Timnas U24 Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar

Sepak Bola —Senin, 25 Sep 2023 14:14
    Bagikan  
Asian Games 2023,Timnas U24 Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar
Timnas U24 Indonesia kalah 0-1 dari Korut (Korea Utara) pada laga pamungkas Grup F Asian Games 2023 di Zhejiang Normal University East Stadium, China, Minggu 24 September 2023. (Foto NOC Indonesia

DEPOSTBALI-, Timnas U24 Indonesia kalah 0-1 dari Korea Utara pada laga pamungkas Grup F Asian Games 2023. Namun kekalahan itu tidak mempengaruhi kelolosan Garuda Muda.

Anak asuh Indra Sjafri lolos ke babak 16 Besar Asian Games 2023 melalui jalur peringkat ketiga terbaik. Garuda Muda menempati posisi tersebut setelah Kirgistan menang telak 4-1 atas Taiwan pada laga yang berlangsung pada waktu yang bersamaan.

Kepastian Uzbekistan atau Hong Kong yang akan jadi lawan Indonesia baru akan diketahui pada Senin 26 September 2023. Saat ini Uzbekistan menempati puncak klasemen karena menang 1-0 atas Hong Kong pada pertemuan pertama.

Laga Indonesia kontra Uzbekistan atau Hong Kong akan berlangsung di Stadion Shangchen Sport Center Stadium, Hongzhou, Cina, Rabu 28 September 2023.

Timnas Indonesia U-24 sendiri memastikan tiket dari jatah empat tim peringkat ketiga terbaik meski belum semua pertandingan fase grup telah selesai digelar.

Tim Garuda Muda lolos karena yang bersaing mencari tiket lolos ke babak 16 besar dari posisi peringkat tiga terbaik hanya lima tim, yakni Grup A, B, D, E, dan F.

Grup C tak ikut bersaing memperebutkan tiket peringkat tiga terbaik ke babak 16 besar karena hanya diisi dua tim. Otomatis dua tim dari Grup C lolos ke babak 16 besar.

Sudah begitu Grup D hanya diisi tiga tim, yakni Jepang, Palestina, dan Qatar. Dari tiga tim ini Qatar sudah bertanding dua kali dan hanya mengoleksi satu poin.

Apapun hasil pertandingan tersisa Grup D, antara Jepang versus Palestina, tak akan membuat tim penghuni peringkat ketiga Grup D dapat lolos ke babak 16 besar.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Merawat Sepatu Sneaker

Indonesia Vs Korea Utara

Timnas Indonesia kalah dari Korea Utara pada laga pamungkas Grup F Asian Games 2023 di Zhejiang Normal University East Stadium, China, Minggu 24 September 2023.

Takluk Garuda Muda dengan skor 0-1. Kebobolan pada menit ke-39. Yusong Kim yang menjadi penentu kemenangan Korea Utara.

Dengan hasil ini, Indonesia mengumpulkan tiga poin, sama dengan Kirgistan dan Taiwan. Indonesia tetap menempati salah satu peringkat tiga terbaik di klasemen Asian Games 2023, lolos ke babak 16 besar.

Korea Utara mengancam lagi pada menit ke-70. Tembakan dari Kim Jukjin masih hanya menyamping ke gawang kiri dari Indonesia.

Indonesia mendapatkan peluang pada menit ke-80. Tendangan bebas Alfeandra Dewangga masih bisa disapu oleh barisan pertahanan Korea Utara, kemungkinan Indonesia gagal.

Hingga pertandingan selesai, Indonesia tak bisa membongkar pertahanan Korea Utara. Skor 0-1 untuk keunggulan Korea Utara tetap bertahan.

Pelatih Timnas Indonesia U-24, Indra Sjafri mengatakan, pasukannya sudah bekerja maksimal di tiga laga terakhir termasuk kontra Korut.

“Pemain bekerja sudah maksimal, tiga kali pertandingan, 1 menang 2 kalah,” katanya.

Khusus untuk pertandingan hari ini, kata Indra Sjafri, apa yang sudah dirancang, game plan untuk menghadapi Korea Utara, sebenarnya memenuhi keinginan, dan berjalan dengan baik.

“Kami sudah memprediksi bagaimana lawan bermain tapi kami lalai di bola-bola set piece, termasuk hari ini juga. Ada tendangan sudut yang seharusnya tidak terjadi gol,” katanya. (Aris) 

Baca juga: Sinopsis Film Air Mata di Ujung Sajadah, yang Sangar Berhubungan dengan Kehidupan

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait