Sejarah Berkembang nya Internet

Pendidikan —Jumat, 15 Oct 2021 15:39
    Bagikan  
Sejarah Berkembang nya Internet
Sejarah Berkembang nya Internet/pinterest

DEPOSTBALI

Sebelum ada internet, kegiatan yang akan kita lakukan memang sedikit sulit bahkan untuk bertukar kabar dengan keluarga atau kerabat sangat susah. Karena jika kita ingin mengirimkan pesan, harus menunggu beberapa waktu untuk mendapat balasan karena melewati pos. Tetapi sebelum internet muncul, telah ada sistem komunikasi yang berbasis digital seperti sistem telegraf.


Telegraf ini sudah ada sejak abad ke-19 dengan konsep pengiriman data melalui elektomagnetik seperti radio atau kabel.Tetapi teknologi ini hanya mampu menyambungkan 2 perangkat sehingga sangat terbatas. Setelah adanya internet, semua kegiatan yang akan di lakukan sangat mudah.
Internet merupakan jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media elektronik lainnya dengan cepat dan tepat. Pada tahun 1969, Departemen Pertahanan Amerika Serikat berhasil membuat jaringan komputer atau Internet melalui proyek lembaga APRA. Lembaga APRA ini mengembangkan jaringan yang dinamakan APRANET (Advanced Research Project Agency Network).

Baca juga: 4 Deretan Film Paling Horor Sepanjang Masa

Baca juga: Recipe for making Balinese Kuwut Ice

Zaman dahulu, internet di ciptakan untuk kebutuhan militer. Departemen Pertahanan Tentara AS membuat sistem jaringan komputer dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah jika terkena serangan. Pada tahun 1986, separtemen tentara AS mendirikan NSFNET (National Science Foundation Network) yang menggantikan peranan APRANET. Selanjutnya, pad tahun 1990, APRANET mulai di turunkan layanan Wourld Wide Web (WWW). Dan pada tahun 1993 mulai di kembangkan InterNIC untuk mendaftarkan nama domain.


Internet juga emmiliki banyak manfaat bagi kehidupan, diantaranya yaitu sebagai sumber informasi, hiburan, pendidikan, mendukung kegiatan ekonomi. Selain manfaatnya yang berpengaruh bagi kehidupan, internet juga memiliki fungsi untuk memudahkan menusia bekerja agar lebih efektif. Tetapi bagi orang yang tidak memiliki etika dalam memainkan internet, itu bisa menjadi dampak buruk bagi dirinya sendiri dan orang di sekitar. (NL)

Sumber : depostjogja.com

Baca juga: The Enchantment of the Beauty of HeHa Sky View, an Instagramable Restaurant and Tour

Baca juga: Review Series Drama Korea Squid Games

Editor: Depost
    Bagikan  

Berita Terkait