Simak Penjelasan 3 Perbedaan Pertamax Turbo, Dexlite hingga Pertamina Dex

Nah ini dia —Rabu, 18 Oct 2023 11:07
    Bagikan  
 Simak Penjelasan 3 Perbedaan Pertamax Turbo, Dexlite hingga Pertamina Dex
Foto ilustrasi *Pinterest

DEPOSTBALI-, Hadirnya beragam jenis kendaraan bermotor di Indonesia turut memperkaya nuansa jalan raya. Mulai sepeda motor hingga mobil.

Untuk itu, setiap kendaraan membutuhkan perlakuan yang berbeda-beda, mulai dari perawatannya hingga jenis bahan bakar yang dikonsumsi setiap harinya.

Berikut perbedaan Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex yang dikutip dari laman Pertamina.com

 

Pertamax Turbo

Pertamax Turbo adalah bahan bakar untuk kendaraan bensin yang memiliki rasio kompresi mesin 12:1 hingga 13:1 atau yang sudah disematkan turbocharged.

Seperti mobil balap dan supercar. Bahan bakar minyak ini memiliki angka oktan tertinggi atau RON 98 dan mengandung Ignition Boost Formula (IBF) yang membuat pembakaran lebih optimal.

Jangan coba-coba menggunakannya untuk kendaraan di bawah rasio kompresi tersebut, mesin bisa ngelitik.

Baca juga: Tidak Ada Korban Jiwa di Kecelakaan Kereta Anjlok Wates

Dexlite

Bahan bakar minyak produk pertamina ini untuk kendaraan diesel. Dexlite memiliki kandungan cetane 52 dan kandungan sulfurnya maksimal 1200.

Angka setan yang tinggi membuat sistem pembakaran lebih baik, juga menambah tenaga pada mesin. Kandungan sulfur di angka 52, membuat mesin dan emisi atau gas buang lebih bersih.

Perlu diketahui perbedaan Petamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex juga soal rata-rata jarak tempuh kendaraannya. Penggunaan 1 liter Dexlite rata-rata mampu menembuh jarak 16 km sampai 20 km.

 

pertamina dex

Pertamina Dex memiliki angka cetane 53, kandungan sulfur maksimal 300. Kandungan cetane yang lebih tinggi menjadikan mesin lebih bertenaga.

Sementara kandungan sulfur yang rendah pada Pertamina Dex membuat bahan bakar ini menjadi lebih ramah lingkungan sesuai untuk mobil dengan standar EURO 4. (siskasptn)

Baca juga: Fakta Menarik Tentang Lumba-lumba

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait