Fakta Menarik Tentang Lumba-lumba

Nah ini dia —Rabu, 18 Oct 2023 10:50
    Bagikan  
Fakta Menarik Tentang Lumba-lumba
Foto ilustrasi *Pinterest

DEPOSTBALI-, Banyak sekali anak kecil yang sangat menyukai atraksi lumba-lumba dan mungkin kamu salah satunya. Bahkan tidak banyak dari sekolah dasar yang sengaja untuk melihat atraksi lumba-lumba sebagai hiburan.

Namun apakah kalian tahu bahwa lumba-lumba memliki banyak fakta yang sangat menarik untuk kalian ketahui.

Mengutip dari beragam sumber, lumba-lumba merupakan hewan mamalia air, dan lumba-lumba juga mengetahui banyak orang, hewan ini dikenal lucu, imut juga hewan ini dapat bersahabat dengan manusia. Namun apakah kalian tahu bahwa lumba-lumba termasuk hewan yang sangat agresif, dan hal itu masih belum diketahui oleh banyak orang.

Dengan bentuk mulutnya yang melengkung dan mempunyai gigi yang kecil, maka banyak yang melihat bahwa lumba-lumba ini tampak seperti tersenyum.

Pada umumnya lumba-lumba hidup di laut dan perairan pulau sepanjang garis pantai. Akan tetapi bada, terdapat juga beberapa spesies lumba-lumba yang hidup di air tawar. Maka inilah beberapa fakta unik dari hewan lumba-lumba.

 

  • Mampu berkomunikasi dengan baik

Sebagian orang mengetahui bahwa lumba-lumba adalah hewan yang cukup pintar dan menurut, namun siapa sangka bahwa hewan ini memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik.

Mamalia ini ternyata memiliki jarak vokal yang cukup beragam daripada hewan lainnya. Hewan ini akan menggunakan jenis suara untuk saling berkomunikasi dan menemukan objek di udara, dengan jenis vokal mulai dari sumpah, rintihan, squawks, suara peluit dan yang lainnya.

 

  • Hidup berkelompok

Ternyata lumba-lumba adalah hewan yang berkelompok dan mungkin beberapa orang telah mengetahuinya. Sekelompok lumba-lumba sering kali menyingkronkan gerakan mereka, maka dari itu hal ini membuat pertunjukan menjadi menarik bagi siapa saja yang melihatnya.

Biasanya lumba-lumba bisa berkelompok dengan jumlah setidaknya lima, bahkan bisa lebih dari itu, hal itu akan sangat menakjubkan.

 

  • Memiliki otak yang berukuran besar

Ternyata dibandingkan hewan lumba-lumba lainnya ini memiliki otak yang cukup besar, bahkan otak lumba-lumba lebih besar dari kebanyakan otak manusia.

Bagian yang menonjol dari lumba-lumba ini adalah tingkat kecerdasannya, dikarenakan ukuran otak hewan ini cukup besar.

Baca juga: 5 Tempat yang Harus Kamu Kunjungi Saat Berliburan Di Bangkok Thailand

 

  • Bisa hidup dengan waktu yang lama

Ternyata mamalia air ini termasuk salah satu hewan yang memiliki masa hidup lama, lumba-lumba hidung botol biasanya akan bertahan hidup sekitar 20 tahun, dan bahkan para peneliti juga menunjukkan bahwa lumba-lumba bisa hidup hingga 40 sd 50 tahun.

Bahkan ada seekor lumba-lumba betina yang didokumentasikan untuk hidup mencapai 60 tahun. Jika lumba-lumba ingin mempunyai masa hidup yang lebih lama maka mereka harus menghindari berbagai macam penyakit dan parasit yang mampu mengancam nyawanya.

 

  • Bekerja keras untuk bisa bernapas

Fakta unik lainnya adalah kegiatan pernapasan mereka yang membutuhkan upaya lebih besar, hal ini mungkin mengejutkan bagi yang belum mengetahuinya karena lumba-lumba tidak bisa bernapas di dalam air sebagi mamalia.

Karena lumba-lumba akan menghirup udara ke paru-paru sama halnya dengan manusia, mereka bernafas melalui lubang hidung yang ada di bagian atas kepala mereka yaitu lubang sembur.

Lumba-lumba bisa menahan nafas namun akan ernafas 4-5 kali permenitnya.

 

  • Mampu melihat melalui suara

Ternyata lumba-lumba menggunakan ekolokasi untuk berburu dan bernavigasi hal ini sama dengan kelelawar, maka nantinya gema akan diarahkan ke telinga dan otak yang kemudian mereka tafsirkan. Lumba-lumba pada dasarnya dapat melihat dengan suara.

Itulah beberapa fakta unik tentang lumba-lumba yang bisa kalian ketahui mulai dari sekarang, dan semoga bisa bermanfaat. (EricaRFeby)

Baca juga: Kondisi Tubuh Kenapa Bisa Ketindihan, Simak Penjelasannya

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait