Mengapa Sangat Bahaya Meninggalkan Air Kemasan di Dalam Mobil

Pendidikan —Jumat, 15 Sep 2023 13:16
    Bagikan  
Mengapa Sangat Bahaya Meninggalkan Air Kemasan di Dalam Mobil
Ilustrasi air dalam kemasan. (Pinterest)

DEPOSTBALI-, Air botol mineral memang sangat praktis, bisa dibawa kemana-mana dan tantu saja tidak terlalu ribet untuk disimpan atau dibawa. Bahkan pada saat kita bepergian maka air botol itu menjadi pilihan praktis, bahkan banyak sekali orang yang menyimpan botol minum di dalam mobil dengan waktu yang cukup sangat lama.

Tapi apa kalian tau, bahwa menyimpan minuman di dalam mobil tentu saja tidak disarankan, karena sangat bahaya, bukan bahaya untuk di konsumsi saja ternyata banyak kejadian juga kebakaran mobil akibat menyimpan udara kemasan di dalam mobil.

Yang harus kalian tahu, bahwa tidak ada masalah untuk kemasan udara, namun yang menjadi masalahnya adalah botol yang menggunakan plastik yang tentu saja mengandung bahan kimia.

Melansir dari beragam sumber, bahan plastik air mineral biasanya menggunakan bahan polietilen tereftalat (PET) selain itu masih ada bahan lain yang digunakan untuk botol plastik ini yaitu Bisphenol A (BPA), dan bahan BPA ini ternyata lebih keras di bandingkan bahan PET yang biasa di gunakan.

Jika kalian meninggalkan kemasan udara yang sudah terpapar suhu panas maka hal tersebut akan membahayakan mineral udara.

Baca juga:Alasan Persib Semakin Siap Hadapi Persikabo

Ketika kalian meninggalkan udara kemasan botol plastik, maka botol plastik akan mengalami peningkatan suhu yang sangat drastis dan terpapar sinar ultraviolet. Maka dari itu bahaya jika kalian menyimpan air mineral di dalam mobil.

Terkait dengan PET/BPA, kedua bahan itu bisa mengaktifkan hormon estrogen dan dapat merusak struktur DNA sel payudara, maka dari itu hal ini bisa menyebabkan kanker payudara. Bahkan beberapa lembaga kanker dunia menyarankan untuk menghindari minum air putih kemasan pada botol plastik.

Hal tersebut jika kalian sudah membuka air kemasan maka kalian bisa mengusahakan segera meminumnya pada saat segel dibuka. Hindari juga untuk menyimpan di dalam mobil.

Jika kalian ingin meminum air mineral dengan kondisi yang sangat aman, kalian bisa memperhatikan dua hal berikut:

1. Kemasan berlabel BPA Free

Agar kalian terbebas atau terhindar dari bahaya sebaiknya kalian memilih kemasan air minum yang memiliki label BPA Free, dengan label ini maka kalian akan terhindar dari meminum udara yang tercemar dengan ucapan BPA.

2. menggerakkan udara pada tempat lain

Labih baik jika kalian memindahkan air kalian ke tempat lain yang bukan berbahan plastik seperti stainless, bahan itu bisa menjadi bahan alternatif untuk menyimpan minum kalian di dalam mobil. (Erica R Feby) 

Baca juga: Resep Membuat Ayam Kremes Renyah dan Tahan Lama

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait