Alasan yang sering Membuat Kita Tidak Percaya diri Untuk Dicintai

LifeStyle —Kamis, 14 Sep 2023 11:55
    Bagikan  
Alasan yang sering Membuat Kita Tidak Percaya diri Untuk Dicintai
foto:orginal

DEPOSTBALI-,  Hal yang banyak dirasa oleh anak muda dan juga zaman sekarang sudah pasti kita sering merasa tidak percaya diri dan juga susah untuk bisa menerima. Sering kali penerimaan dan cinta adalah kebutuhan berdasarkan manusia. Menurut pisikolog, mengidentifikasikan cinta dan rasa adalah kebutuhan esensial manusia untuk menjani hidup secara maksimal.
Namun, tidak mudah orang yang masih mengalami keraguan dan kekhawatiran terhadap dirinya sendiri bahkan dirinya sendiri mencari penerimaan serta rasa memilikinya.
Sering kali muncul pertanyaan “Apakah aku pantas untuk dicintai?” itu akan menjadi beban bagi seseorang dalam menjalani hidupnya.
Oleh karena itu sering kali muncul rasa kasih sayang terhadap diri sendiri dan juga hal yang perlu diperhatikan.
Memunyai rasa tidak layak dicintai atau tidak dapat dicintai yang selalu merasa bahwa seolah-olah kamu tidak pantas untuk dicintai dan disayangi.
Hal yang seharusnya tidak boleh terlalu merasa tidak yakin dengan apa yang dipikirkan. Keyakinan yang kamu punya ikut serta terhadap cara kamu berpikir tentang dirikamu sendiri.
Hal itu merupakan asumsi yang kamu buat dan yakini sebagai fakta. Apabila kamu memegang keyakinan bahwa kamu tidak pantas dicintai, kamu akan percaya bahwa itu benar.
Mengutip dari beragam sumber inilah 4 alasan mengapa kamu selalu berpikir tak pantas untuk dicintai.

1. Ketidakamanan Biasanya mempunyai hubungan baru dapat menimbulkan rasa tidak aman dan nyaman bagi seseorang yang merasa tidak bisa dicintai. Rasa tidak aman membuat kamu percaya bahwa orang yang bersama kamu tidak akan mencintai kamu karena kamu tidak melihat harga diri kamu. 

Baca juga: Resep Membuat Cilok Polos Tanpa Bumbu, Cocok Untuk Kamu yang Baru Pertama Kali Mencoba

2. Trauma Trauma yang terjadi pada diri seseorang akan membuat kita merasa tidak pantas untuk siapapun. Mereka mungkin saja percaya bahwa mereka pantas menerima apa yang terjadi pada mereka dan hal ini dapat menghadapi mereka untuk meresa diterima atau dicintai orang lain. 

3. Depresi Sering mengalami depresi atau memiliki pemikiran dan keyakinan yang tidak berdasarkan kenyataan. Ketika kamu mengalami depresi, otak kamu mungkin memberi tahumu bahwa kamu tidak layak untuk dicintai. 

4 . Interprestasi atau Pandangan
Salah satu alasan mengapa kamu mungkin merasa tidak dicintai bisa jadi karena interpretasi kamu terhadap keyakinan yang kamu punya tentang diri kamu.
Dasarnya apabila kamu pernah mengalami perilaku tidak penuh kasih sayang pada masa lalu, pengalaman hidup ini biasanya dapat memaksa kamu untuk menafsirkan perilaku lain sebagai hal yang tidak penuh kasih, sehingga kamu merasa tidak dapat dicintai sepenuhnya (wdyqrrtlan)

Baca juga: Pratama Arhan Bucin Usai Gol Timnas Indonesia Bikin Zizi Kegirangan Baper

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait