7 Tips Menjaga Hubungan Langgeng dan Harmonis Hingga Tua

LifeStyle —Selasa, 22 Aug 2023 14:42
    Bagikan  
7 Tips Menjaga Hubungan Langgeng dan Harmonis Hingga Tua
Ilustrasi. (Pinterest)

DEPOSBALI-, Bahagia dan menua bersama pasangan tak datang begitu saja, harus diperjuangkan dengan saling menjaga perhatian, kasih sayang, dan komunikasi.
Melihat pasangan yang setia sampai tua, terkadang muncul pertanyaan di benak, apa tips menjaga hubungan sampai tua itu? Padahal menjaga hubungan itu tidaklah mudah, bahkan saat ini ada banyak sekali hubungan yang pupus di tengah jalan.
Anda harus berjuang untuk mewujudkan sebuah hubungan asmara yang awet dan penuh kemesraan. Bagaimana caranya?
Tak perlu khawatir, ada berbagai tips yang bisa dilakukan bersama pasangan agar hubungan langgeng dan tahan lama.

1. Membiasakan terbuka dengan pasangan
Komunikasi adalah salah satu kunci hubungan langgeng dan sehat. Melalui komunikasi, segala bentuk unek-unek yang ada di pikiran bisa tersalurkan dengan baik dan menumbuhkan saling pengertian dengan pasangan.
Dikutip dari berbagai sumber, sebanyak 35% kasus perceraian yang terjadi karena masalah komunikasi.
Bentuknya beragam bisa, seperti adanya rasa tidak dihargai oleh salah satu pasangan, merasa pasangan tidak pernah mendengarkan keluh kesahnya, dan sebagainya.
Oleh karena itu ditemukannya hal-hal itu penting, bahkan hal-hal sepele, seperti rencana refreshing, hingga masalah yang lebih kompleks, misalnya finansial.

2. Luangkan waktu untuk fokus berdua
Ada perbedaan yang signifikan ketika masih pacaran, baru menikah, dan punya anak. Perbedaannya terletak pada seberapa banyak waktu luang untuk berpasangan. Ketika pacar dan awal menikah, waktu untuk pasangan cenderung lebih banyak dan intens.
Namun, setelah punya anak dan kesibukan kerja semakin tinggi, intensitas waktu berdua pun mulai menurun. Prof Philip Cowan meneliti bahwa 92% pasangan mengalami konflik setelah memiliki anak. 1 dari 4 keluarga menunjukkan adanya stres berat.
Namun hal tersebut tidak terjadi pada keluarga yang rutin meluangkan waktu bersama pasangan.
Kegiatan sederhana seperti mengecup kening ketika bangun tidur, nonton tv bersama, makan malam bersama, ternyata memiliki efek besar terhadap keharmonisan berpasangan.

Baca juga: Resep Beef Teriyaki Bowl ala Jepang, Enak dan Bikin Nagih!

3. Hindari mengambil keputusan saat sedang emosi
Masalah bisa datang kapan saja dan di setiap fase pernikahan, masalahnya berbeda-beda. Kondisi tersebut tak jarang membuat kesabaran masing-masing pasangan diuji.
Ketika sedang capek, ternyata ada masalah rumah, di sini emosi harus kamu kendalikan.
Ketika Anda sedang emosi atau capek, terkadang tidak sadar melontarkan keputusan atau kata-kata yang menyakiti pasangan. Suasana akan semakin pecah ketika pasangan juga tersulit dan berakhir pada konflik.
Oleh karena itu, kunci hubungan langgeng sampai tua terletak juga pada cara mengendalikan emosi. Apabila sedang capek atau tidak berpikir jernih, ada baiknya menyampaikan dan mengagendakannya di kesempatan lain.

4. Kurangi sifat impulsif, banyak berempati
Ingin hubungan langgeng dan romantis? tenang untuk mengurangi sifat impulsif dan lebih banyak berempati. Sifat impulsif adalah kecenderungan bereaksi terhadap rangsangan tanpa memikirkan dampaknya terlebih dahulu.
Contohnya ketika melihat uang belanja yang Anda titipkan ke istri habis lebih cepat dari biasanya.
Alih-alih memarahi istri, ada baiknya mengomunikasikannya terlebih dahulu. Mencoba memahami apa kebutuhan belanja, sehingga uangnya lebih cepat habis.

5. Beri hadiah kecil di hari istimewa
kejutansering kamu memberikan hadiah untuk pasangan? Bila sudah mulai jarang, yuk coba rutinkan kembali.
Hadiahnya tidak perlu mewah atau mahal, hadiahnya sederhana seperti memberikan kue saat ulang tahun atau membelikan makanan kesukaan setiap pulang kerja, sudah cukup kok.
Hadiah tersebut memang tidak seberapa, namun di mata pasangan, hadiah tersebut merupakan simbol bahwa ia masih dicintai.
Apabila ada anggaran lebih, sesekali ajaklah jalan-jalan atau liburan. Ini bisa jadi cara menjaga hubungan agar tidak bosan dan tetap sehat.

6. Percaya pada pasangan dan saling menghargai
Belum banyak pasangan menyadari kalau cara membuat hubungan langgeng ldr atau ldm adalah saling percaya.
Memberikan kepercayaan dan melawan sesama pasangan akan semakin menumbuhkan rasa cinta.
Hindari malah-prasangka buruk terhadap pasangan. Komunikasikan lebih baik bila memiliki masalah-masalah tertentu. Sehingga tidak sampai timbul konflik.

7. udah jadi pacaran, candlelight dinner juga boleh!
Tahu gak, terkadang pasangan itu merindukan masa-masa ketika pacaran. Suasana romantisnya, suasana privat berdua, dan saling memuji satu sama lain.
Momen ini bisa kamu ulang lho, tinggal ajak pasangan untuk candlelight dinner berdua (anak titipkan dulu ke keluarga).
Tidak harus dinner mewah di restoran, bisa juga mereplika momen romantis di rumah yang sederhana.
Asalkan hidangannya spesial, nuansa romantisnya akan terasa banget. Salah satu rekomendasi hidangan yang bisa kamu pakai untuk dinner berdua adalah menu steak Holycow.
Setiap potongannya terbuat dari daging wagyu pilihan premium, kualitas rasanya tentu istimewa. Untuk menu semewah ini harganya sangat murah dan terjangkau.Sehingga jangan sampai melewatkan pacaran berdua bersama pasangan ya! (Siska Septiani)

Baca juga: Mengejutkan! Temukan Inilah Fungsi Kacamata Anti Radiasi

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait