Tragedi Mall Klender 1998 Youtub RJL 5 Fajar Aditya- Bagian 1

Horror —Rabu, 30 Mar 2022 10:35
    Bagikan  
Tragedi Mall Klender 1998 Youtub RJL 5 Fajar Aditya- Bagian 1
Rekam jejak tragedi Mal Klender tahun 1998.* (FOTO: tangkapan layar kanal Youtube RJL 5 Fajar aditya)

DEPOSTBALI - Youtub RJL 5 Fajar Aditya kali ini akan membahas tentang tragedy Mall Kelnder di tahun 1998, yang merenggut ratusan nyawa manusia, mau tahu kisah selengkapnya?

Sudah lebih dari 20 Tahun Tragedi ini terjadi, tapi masih saja membekas kepiluanya di benak masyarakat Indonesia.

Mall Klender merupakan salah satu tempat paling parah yang terkena dampak amukan masaa pada bulan Mei 1998. Kala itu Gelombang demonstrasi para buruh terjadi dimana-mana.

Salah satunya adalah yang terjadi di Ibu Kota, Jakarta Demonstrasi tersebut salah satunya adalah dengan tujuan melengeserkan Presiden soeharto. Mahasiswa, Buruh hingga pekerja lain ikut berpartisipasi didalamnya.

Tak lepas dari profokator yang juga memanfaatkan keadaan tersebut. Seperti di Mall Klender yang terkena dampak parah.

Dalam youtub RJL 5 Fajar Aditya juga menceritakan tentang bagaimana kebakaran yang terjadi di mall Klender dengan pengakuan Ibu Atin dan Pak Suyono.

Ibu Atin adalah seorang penjual makanan yang terletak persis di samping mall tersebut, sementara Pak Suyono adalah saksi sejarah yang mengingat betul bagaiamana peristiwa ini.

Baca juga: Tiket “Justice World Tour” Sudah Bisa Dibeli, Ini Link untuk Pembelian Tiket Konser Justin Bieber

Saat itu pukul 1 Siang, ada beberapa oranng di jalan yang mengajak untuk menjarah di dalam Mall Kelnder, sudah banyak orang yang berkumpul didepan mall tersebut.

Ada puluhan petugas yang menjaga Mall tersebut untuk menghalau orang-orang yang ingin masuk secara paksa, terdengar juga ada suara tembakan hingga terdengar orang yang berbadan tinggi dan besar mengatakan “ Masuk… ayo kita Jarah…” katanya

Semua orang masuk hingga pagar betispun jebol, orang-orang berhamburan ke dalam mall yang gelap karena memang saat itu mall tersebut sengaja ditutup.

Sementara Menurut Ibu Atin, pukul 3 Siang ada sekelompok orang dengan rambut cepak melempari mall tersebut dengan ban yang sudah terbakar, beberapa botol juga dilempar hingga kaca-kaca di Mall itu pecah.

Bukan hanya itu saja ada seseorang yang kononn juga melempar Bom Moloto ke dalam mall tersebut.

Banyak warga yang terjebak di dalam Mall Klender dalam kebakaran tersebut, ada juga yang berinisiatif untuk loncat dari jendela, namun setelah api padam sekitar 400 an orang terhangus terbakar.

Fajar Aditya juga menceritakan kisah-kisah lain yang juga memiliki pengalaman pada tragedy tersebut, penasaran seperti apa ? saksikan cerita selengkapnya di Youtub RJL 5. Atau artikel selanjutnya * Resty

Baca juga: Nonton Episode 9 Drama Korea “A Business Proposal”

Editor: Putri
    Bagikan  

Berita Terkait