Memperbanyak Amalan di Malam Lailatul Qadar , Malam Penuh Kesejahteraan

Pendidikan —Selasa, 11 Apr 2023 13:30
    Bagikan  
Memperbanyak Amalan di Malam Lailatul Qadar , Malam Penuh Kesejahteraan
Malam Lailatul Qadar.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah, dimana setiap amalan kebaikan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Salah satu malam yang sangat istimewa dan dianggap sebagai malam yang paling utama dalam setiap Ramadan adalah malam Lailatul Qadar.

Malam ini memiliki keutamaan yang sangat besar dan banyak sekali amalan yang bisa dilakukan pada malam tersebut.

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar memiliki keutamaan yang sangat besar. Malam ini terdapat dalam Surah Al-Qadr ayat 1-5, yang artinya:

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam Lailatul Qadar. Dan tahukah kamu apa itu malam Lailatul Qadar? Malam Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh dengan kesejahteraan sampai terbit fajar."

Dari ayat di atas, dapat kita pahami bahwa malam Lailatul Qadar sangat istimewa karena pada malam itu turun para malaikat dan Jibril untuk mengatur segala urusan di dunia ini. Selain itu, malam Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan, yang artinya pahala yang kita dapatkan pada malam ini sama dengan pahala yang kita dapatkan jika beribadah selama seribu bulan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memperbanyak amalan pada malam Lailatul Qadar.

Baca juga: Persiapan Sea Games 2023, Tim U-22 Indonesia Terus Diasah

Amalan pada Malam Lailatul Qadar

Ada banyak sekali amalan yang bisa kita lakukan pada malam Lailatul Qadar. Berikut beberapa di antaranya:

1. Membaca Al-Quran

Salah satu amalan yang paling utama pada malam Lailatul Qadar adalah membaca Al-Quran. Kita bisa membaca Al-Quran sebanyak mungkin pada malam ini, baik itu membaca Al-Quran secara sendiri-sendiri atau membaca Al-Quran secara berjamaah di masjid atau di rumah.

2. Shalat Malam

Selain membaca Al-Quran, kita juga bisa memperbanyak shalat pada malam Lailatul Qadar. Shalat malam sangat dianjurkan pada bulan Ramadan, dan pada malam Lailatul Qadar, pahalanya akan dilipatgandakan.

3. Berdoa

Kita juga bisa memperbanyak berdoa pada malam Lailatul Qadar. Berdoa pada malam ini sangatlah istimewa, karena pada malam ini Allah SWT sangat dekat dengan hamba-Nya yang berdoa. Kita bisa berdoa untuk meminta ampunan, meminta rezeki, atau meminta apa saja yang kita butuhkan.

4. Sedekah

Selain itu, kita juga bisa memperbanyak sedekah pada malam Lailatul Qadar. Sedekah pada malam ini memiliki keutamaan yang sangat besar, karena pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Kita bisa memberikan sedekah kepada orang-orang yang membutuhkan atau kepada lembaga-lembaga yang melakukan kegiatan sosial.

5. Memperbanyak Istighfar

Malam Lailatul Qadar juga merupakan malam yang sangat tepat untuk memperbanyak istighfar atau memohon ampunan kepada Allah SWT. Kita bisa beristighfar dengan ucapan yang sederhana atau dengan membaca dzikir-dzikir tertentu.

Baca juga: Ramadan 144: Tips Menjaga Kesehataan Lambung Selama Bulan Puasa

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait