Manfaat Bunga Sedap Malam

Pendidikan —Senin, 28 Nov 2022 15:34
    Bagikan  
Manfaat Bunga Sedap Malam
Bunga Sedap Malam.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,-Berikut ini adalah 5 mitos dan kepercayaan masyarakat Jawa mengenai bunga sedap malam. Bunga sedap malam, Di Indonesia sering di hubungkan dengan hal supranatural dimana terdapat mitos dapat mempengaruhi keberuntungan dan rezeki. Selain mitos keberuntungan dan rezeki, juga terdapat beberapa mitos lain seperti dapat mengudang malaikat dan memperpanjang umur.

Apalagi jika tanaman ini ditanam dipekarangan atau dibelakang rumah. Bunga sedap malam merupakan bunga cantik yang banyak tubuh di Indonesia dan banyak disukai sebagai tanaman hias. Selain memiliki bunga yang cantik, bunga sedap malam juga memiliki aroma yang khas. Bunga sedap malam merupakan bunga yang unik, dimana aroma bunga ini akan semerbak dan mekar sempurna di malam hari.

Berikut adalah 5 mitos bunga sedap malam dalam masyarakat Jawa:

1. Bunga sedap malam dipercaya dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan. Terutama jika ditanam dipekarangan atau dibelakang rumah. Kedua, bunga sedap malam dipercaya dapat membantu dan menangkal ilmu sihir atau ilmu hitam seperti bunga kenanga.

Baca juga: Mitos Tuyul, Konon Tuyul Lahir Dari Janin-janin yang Digugurkan

2. Bunga sedap malam dianggap sebagai pembawa rezeki dan keberuntunan bagi pemiliknya. Konon bunga ini bisa mendatangkan keberuntungan terutama jika ditanam di pekarangan rumah.

3. Konon menanam bunga sedap malam di pekarangan dapat memperpanjang usia atau membantu memperpanjang harapan hidup. Dimana kepercayaan ini berawal dari keyakinan bunga sedap malam dapat menjauhkan pemilik rumah hari bahaya dan ancaman. Selain membawa rezeki dan keberuntungan bagi yang menanamnya, bunga sedam malam ini juga banyak disukai oleh masyarakat, sehingga bisa dibuat sebagai parfum.

Namun, banyak yang menganggap bahwa bunnga sedam malam ini hanya sebagai tanda datangnya mahluk halus, padahal sejatinya juga bisa mendatangkan rezeki dan memberikan keberuntungan bagi yang menanamnya.

Bunga jenis ini banyak digunakan dalam berbagai acara keagamaan dan dekorasi pesta pernikahan. Meski sering dikaitkan dengan dunia gaib, bunga ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Beberapa manfaat yang dimiliki bunga jenis ini, di antaranya adalah:

  1. Bahan pembuat parfum.
    2. Mengobati bisul.
    3. Mengobati katarak.
    4. Mengatasi Masalah Insomnia
    5. Meredakan flu.
    6. Menyembuhkan radang tenggorokan.

Bunga ini memiliki aroma yang harum karena mengandung minyak atsiri yang berbeda di bagian daun, batang, dan bunganya. (RATIH ANJANI)

Baca juga: Lilin Aroma Terapi Dipercaya Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait