Motor listrik DC100 dari Davinci Tech, Memiliki kemampuan untuk Menyeimbangkan Diri

News —Selasa, 11 Oct 2022 10:48
    Bagikan  
Motor listrik DC100 dari Davinci Tech, Memiliki kemampuan untuk Menyeimbangkan Diri
DC100 Davinci Tech.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Motor listrik DC100 dari Davinci Tech DC100 resmi meluncur di jalanan.  Perusahaan asal Beijing China ini sebetulnya telah meluncurkan motor listrik canggih ini pada tahun 2021 lalu.

Kecanggihan motor ini adalah kemampuannya yang bisa menyeimbangkan diri.  Sehingga, membuatnya tidak akan terjatuh atau tidak perlu menjejakkan kaki ke tanah untuk menahannya. 

DC100 ini memiliki bentuk futuristis mengusung gaya cafe racer dengan bentuk tubuh yang unik.  Selain itu, memiliki velg yang unik juga berbeda bentuk di bagian depan dan belakangnya.

Kita kembali bicara soal fiturnya, kecanggihannya tidak hanya teknolog self balancing yang menggunakan teknologi EPS dan enam sumbu IMU (Inertial Projection Unit).  Ada teknologi-teknologi lainnya yang sangat canggih. 

Baca juga: Simak Asal Usul Hari Kesehatan Mental Dunia

Salah satunya, Hill Start Control Assistance (HAC). Fitur ini menjadi aktif setelah melepaskan tarikan tuas rem. Sepeda motor akan bergerak maju dan menawarkan torsi yang dibutuhkan untuk memulai perjalanan yang mulus.

Kemudian DC100 hanya memiliki satu tuas rem.  Tuas ini menggabungkan teknologi Anti-Lock Brake System (ABS), Brake-Combat System (CBS), dan Traction Control (TCS) ke dalam sistem stop.  Motor modern ini juga dilengkapi dengan konektivitas aplikasi smartphone dengan akses penuh ke informasi performa sepeda motor. Ada fitur robotik termasuk fungsi HAC, downhill control assistance dan retraction assistance selain integrasi sistem rem.

Lalu pada pengisian dayanya diklaim mampu mengisi daya cepat tingkat 3 DC dan baterai mencapai kapasitas penuh dalam waktu sekitar 30 menit. Motor listrik DC100 juga dapat diisi daya di rumah dengan kabel pengisi daya portabel dan soket perumahan standar.

Sementara pada performanya, motor ini memiliki output daya 135hp (100,75kW) dan torsi 850Nm. Motor listrik ini memiliki kemampuan  sprint hingga 100km dalam waktu sekitar 3 detik dengan kecepatan maksimum 200 km/jam.

Untuk bagian kaki-kakinya menggunakan suspensi garpu Ohlins FGRT 240 dengan tabung garpu serat karbon Dyneema.  Tidak hanya itu, lengkap dengan monoshock Ohlins STX 46 dengan pengereman Brembo GP4. Untuk harganya, Davinci DC100 ini memiliki harga USD 27.500 atau kisaran harga Rp 398 juta.* (RENALDI)

Baca juga: Kisah Sewu Dino Bagian 3: Pindah Tugas ke Tengah Hutan

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait