Memahami Kemampuan Anak Indigo, Ciri-Ciri dan Karakteristik Seorang Indigo

Nah ini dia —Minggu, 22 Oct 2023 19:41
    Bagikan  
Memahami Kemampuan Anak Indigo, Ciri-Ciri dan Karakteristik Seorang Indigo
Ilustrasi. (Unsplash / Joe Black)

DEPOSTBALI-, Jika bicara tentang indigo mungkin sudah banyak orang yang mengetahuinya. Indigo merupakan suatu kemampuan istimewa yang kemudian dapat dimiliki oleh seseorang. Istilah indigo sendiri pertama kali muncul pada awal tahun 1970 melalui berbagai pembahasan.

Istilah itu merujuk pada perpaduan warna aura antara nilai dan biru tua yang dimiliki anak, dengan ketajaman indra keenam.

Anak-anak yang diberi kemampuan indigo punya beberapa ciri umum yang dapat diindetifikasi.

Misalnya, mereka cenderung memiliki perasaan superior, sulit melakukan aktivitas yang bersifat rutin, memiliki rasa empati yang sangat tinggi, sulit mengikuti system birokrasi berbelit belit, dan memiliki kecerdasan intelektual di atas rata-rata.

Beberapa anak dengan kemampuan indigo memiliki keterampilan di atas rata-rata pada bidang tertentu.

Sebab, mereka memiliki fokus yang begitu tinggi pada objek kegiatan yang benar-benar mereka sukai.

 

Ciri-Ciri Seseorang Memiliki Kemampuan Indigo

Anak indigo merupakan sebutan bagi seorang anak yang dipercaya punya kemampuan dan karakter yang berbeda dibandingkan dengan anak-anak seusianya.

Selain itu, mereka juga sering dianggap memiliki kemampuan seperti halnya paranormal, misalnya saja dapat memprediksi masa depan atau melihat apa yang tak mampu dilihat oleh para orang biasa.

 

  1. Memiliki Persepsi Sensori Ekstra

Intuisi atau bahkan tidak mampu menjelaskan jenis firasat yang dimiliki anak. Mereka tampaknya hampir memiliki ESP atau ekstra sensorik persepsi karena mereka membuat pilihan yang benar hingga membuat seolah-olah mereka tahu sesuatu akan terjadi.

Contohnya, ketika memilih untuk menepi sebelum sepeda motor yang dikendarainya akan kecelakaan.

 

  1. Mengetahui Apa yang Akan Terjadi

Jika anak sangat perspektif serta mengetahui ketika ada sesuatu yang salah, bisa jadi ia kemudian adalah seorang indigo. Misalnya, Si Kecil kemudian mengetahui kalau ibu dan ayah sedang bertengkar meski ibu tidak memperlihatkannya. Bahkan, tak jarang kalau si Kecil akan cerita kalau ibu dan ayah akan bertengkar.

 

  1. Melihat Hal yang Tidak Dapat Dilihat Orang Lain

Ciri anak indigo berikutnya ialah dapat melihat sesuatu, yang tak dapat orang lain lihat. Makhluk fantasi sepertinya tertarik pada keterbukaan anak ini untuk menerima berbagai jenis energi. Kemudian, anak akan berbicara dengan mereka ataupun memberi tahu kepada orang lain tentang apa yang dilihatnya.

 

  1. Kesulitan Bersosialisasi dengan Orang Lain

Apakah anak kemudian memiliki bakat untuk merasakan aura serta hal-hal yang tak dapat dilihat orang dewasa? Atau apakah anak kemudian merasa canggung secara sosial? Beberapa peneliti kemudian percaya bahwa telah terbentuk suatu konsep New Age mengenai anak indigo untuk dapat membingkai ulang “masalah” psikologis pada masa kanak-kanak, seperti ketergantungan pada teman khayalan.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa anak indigo akan dipandang memiliki kepribadian yang lebih positif serta unik, bukan masalah psikologis bahwa anak-anak indigo memiliki aura berwarna nila serta kemampuan spiritual yang unik.

Anak-anak ini kemudian mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi sosial serta sering di diagnosis dengan Attention Deficit Disorder.

 

  1. Memiliki Kepribadian yang Unik

Anak indigo ini sangat cerdas dan mampu memecahkan berbagai masalah dengan cara yang tak bisa dibayangkan oleh para orang dewasa.

Tidak hanya itu, mereka juga akan tampak terganggu atau lalai, bisa jadi karena sesuatu yang tak terlihat menarik perhatian mereka. Anak itu juga sering tampak lebih serius daripada tersenyum.

Bertindak seperti orang dewasa di dalam kebijaksanaan, sehingga merasa kalau dirinya telah hidup di kehidupan sebelumnya.

 

  1. Perbedaan aura

Saat melakukan foto, maka aura anak indigo tak selalu menunjukkan warna nila atau menunjukkan cakra ajna yang aktif. Sementara itu, jika dilihat secara fisik, anak indigo kemudian mengalami pertumbuhan serta perkembangan yang tak berbeda dengan anak-anak lain pada umumnya.

Baca juga: 5 Cara Merawat Mata Agar Tidak Rabun

 

  1. Memiliki kemampuan yang bersifat rasional dan dapat digunakan untuk arah positif

Anak indigo sebagai anak yang sangat rasional, anak indigo juga sering kali mempertanyakan manfaat serta tujuan dari aturan serta perintah yang diberikan oleh orang tua serta guru. Oleh karena itu, anak indigo sering dianggap sebagai anak yang sangat bermasalah serta menentang sistem.

 

  1. Merupakan individu yang cerdas

Secara akademis, anak indigo tak memiliki masalah dalam memahami pelajaran di sekolah, namun sering kali tak menyukai sekolah karena adanya aturan dan perintah-perintah yang diberikan oleh para guru karena mereka dianggap tidak masuk akal.

 

Karakteristik Anak Indigo

Menurut Virtue terdapat beberapa karakteristik yang perlu kamu ketahui tentang seseorang yang dianggap sebagai indigo, antara lain:

  1. Kondisi Fisik

Secara umum, kondisi fisik anak indigo hampir sama seperti anak normal lainnya. Mereka kemudian mengalami proses perkembangan serta pertumbuhan yang sama, tetapi, sebagian besar anak indigo yang dilahirkan umumnya menunjukkan proses perkembangan yang lebih cepat dibandingkan dengan anak-anak normal.

Anak indigo yang melakukan kegiatan fisik, kemudian banyak dan terlalu kuat akan mengalami gangguan karena tubuh mereka menjadi lebih sensitif. Beberapa anak indigo menunjukkan kemampuan yang lebih dalam bidang seni untuk kemudian mengekspresikan kreativitasnya, seperti menari, melukis, serta menulis, atau keterampilan lain dengan usaha yang besar.

  1. Kondisi Emosi

Dalam mengolah emosi, anak indigo bisa dibilang memiliki cara yang berbeda. Hal ini karena mereka mempunyai harga diri yang cukup tinggi dan integritas yang kuat. Secara emosi, anak indigo lebih mudah bereaksi, sehingga terkadang mereka mempunyai masalah dengan kemarahan.

Anak indigo juga memiliki keinginan yang kuat serta mandiri dengan melakukan apa yang ada di pikirannya dibandingkan dengan mematuhi kehendak orang tua. Kondisi emosi anak indigo akan lebih sensitif terhadap lingkungan sekitar, atau bahkan mereka bisa mengetahui sesuatu yang tidak dapat dipersepsi pancaindera, serta lebih tertarik dengan alam dibanding kepada hal-hal kemanusiaan.

 

  1. Kemampuan Intelegensi

Anak indigo ini memiliki kemampuan tajam untuk mengamati dengan daya ingat yang baik. Keinginan untuk mengetahui sesuatu kemudian sebagai suatu kebutuhan bagi anak indigo. Anak indigo juga biasanya mempunyai sifat kreatif serta mampu mengorganisasi dan mendata informasi dengan cepat serta membuat hubungan secara mental. Kemampuan inilah yang menyebabkan anak indigo juga dianggap sebagai anak cerdas.

 

  1. Kehidupan Sosial

Terdapat beberapa karakteristik kehidupan sosial para anak indigo, diantaranya adalah anak indigo sering kali tidak merasa cocok dengan anak seumuran serta merasa lebih cocok dengan sesama indigo atau teman yang lebih dewasa.

Anak indigo juga kerap memperlihatkan kecenderungan ingin menarik diri berkumpul dengan orang lain, sehingga mereka kemudian dapat berdiam diri dengan berbagai pemikirannya. Anak indigo juga mendapat kesulitan dengan kedisiplinan otoritas, serta menolak mengikuti perintah, mudah bosan dengan pekerjaan rumah, serta mudah frustasi dengan sistem ritual.

(siskasptn)

Baca juga: 6 Kuliner yang Wajib Kalian Cobain Saat Wisata ke Gua Maria Kerep di Ambawara

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait