Ramadan 1444: Agar Tubuh Tetap Sehat ketika Berpuasa, Lakukan Olahraga Ringan Berikut Ini

Kesehatan —Jumat, 24 Mar 2023 11:59
    Bagikan  
Ramadan 1444: Agar Tubuh Tetap Sehat ketika Berpuasa, Lakukan Olahraga Ringan Berikut Ini
Olahraga saat Ramadan.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Olahraga selama bulan Ramadan merupakan kegiatan yang sangat dianjurkan. Tidak hanya membantu menjaga kesehatan fisik, olahraga juga dapat membantu menjaga keseimbangan mental dan spiritual. Dalam menjalankan ibadah puasa, umat muslim diharapkan untuk tetap menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat dan aktif.

Jenis Olahraga yang Cocok untuk Dilakukan Selama Puasa

1. Olahraga Ringan

Olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, atau bersepeda adalah jenis olahraga yang sangat cocok untuk dilakukan selama puasa. Olahraga ringan ini dapat membantu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh tanpa membebani perut yang kosong.

2. Olahraga Kekuatan

Olahraga kekuatan seperti angkat beban atau push-up juga dapat dilakukan selama puasa. Namun, olahraga ini sebaiknya dilakukan pada waktu yang tepat, yaitu setelah berbuka puasa. Olahraga kekuatan dapat membantu menjaga kekuatan dan massa otot

3. Olahraga Yoga

Olahraga yoga merupakan jenis olahraga yang cocok untuk dilakukan selama puasa. Yoga dapat membantu mengendalikan pernapasan dan pikiran, serta meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh.

4. Olahraga Renang

Olahraga renang merupakan jenis olahraga yang juga sangat cocok untuk dilakukan selama puasa. Renang dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi dan otot, serta membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

Baca juga: Jadwal Wakil Indonesia di Perempat Final Swiss Open 2023

Hal yang Harus Diperhatikan saat Melakukan Olahraga Selama Puasa

  • Minum Banyak Air

Saat puasa, tubuh kekurangan cairan yang dapat menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk minum banyak air saat berbuka puasa dan sahur, serta saat melakukan olahraga.

  • Hindari Olahraga Berat

Olahraga berat seperti berlari atau bermain bola dapat membebani tubuh yang sedang puasa. Hindari melakukan olahraga berat saat siang hari dan pilihlah jenis olahraga yang lebih ringan seperti jalan kaki atau yoga.

  • Tunda Olahraga Jika Merasa Lemas

Jika merasa lemah atau kelelahan, sebaiknya tunda olahraga hingga tubuh kembali pulih

  • Jangan Memaksakan Diri

Jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga yang terlalu berat atau intensif selama puasa. Tubuh sedang berada dalam kondisi lemah dan perlu waktu untuk beradaptasi dengan pola makan yang baru. Lakukan olahraga dengan intensitas yang sesuai dengan kemampuan tubuh.

  • Beristirahat Secukupnya

Istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan otot. Setelah melakukan olahraga, sebaiknya beristirahat sejenak sebelum melakukan aktivitas fisik lainnya. Jangan terlalu lelah dan jangan lupa untuk beristirahat yang cukup.

Baca juga: Kesiapan 6 Stadion Berikut Ini Mulai Dicek Oleh FIFA

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait