Obat Alami Berikut Ini Dipercaya Dapat Mengatasi Amandel

Kesehatan —Senin, 16 Jan 2023 10:53
    Bagikan  
Obat Alami Berikut Ini Dipercaya Dapat Mengatasi Amandel
Amandel.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Amandel merupakan salah satu organ tubuh yang berada di beberapa tempat di dalam rongga mulut. Fungsinya sendiri adalah sebagai sistem pertahanan tubuh. Namun, sayangnya amandel ini tak jarang terpapar oleh virus maupun bakteri yang membuatnya jadi meradang.

Saat radang amandel terjadi, biasanya Anda akan merasakan nyeri saat menelan hingga kesulitan untuk makan dan minum. Bahkan jika diperiksakan, amandel Anda yang mengalami radang akan terlihat bengkak, kemerahan, serta muncul putih-putih di daerah amandel.

Radang amandel umumnya dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, jika tidak ditangani dengan baik, radang amandel bisa jadi bertambah parah, lho. Jika Anda sedang mengalami radang amandel saat ini, chat dokter sekarang untuk berkonsultasi.

Di kutip dari ayoindonesia.com. Berikut ini akan direkomendasikan beberapa obat amandel alami yang bisa Anda coba saat sedang mengalami radang amandel.

1. Teh chamomile
Obat alami untuk mengatasi radang amandel yang pertama adalah teh chamomile. Chamomile tea ini sering digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Selain itu teh kamomil juga bisa memberikan ketenangan pada Anda yang meminumnya.

Alaminya teh kamomil memiliki sifat antioksidan, antiperadangan, dan astringen yang dapat membantu mengatasi pembengkakan yang terjadi pada amandel. Kandungan antioksidannya juga akan merangsang sistem kekebalan tubuh agar dapat melawan virus maupun bakteri yang menyerang tubuh terutama amandel.

2. Kayu manis
Tak hanya dijadikan sebagai tambahan penyedap rasa pada makanan, kayu manis juga dapat digunakan untuk mengatasi radang amandel. Kayu manis mengandung antimikroba yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri maupun mikroorganisme lain yang melekat di amandel. Saat pertumbuhan bakteri terhambat, tentunya peradangan yang terjadi pada amandel juga akan berkurang.

Cara membuatnya sangat mudah, Anda bisa mencampur 1 sendok teh bubuk kayu manis ke dalam air hangat. Untuk menambahkan rasa, Anda bisa menambahkan 2 sendok teh madu. Madu juga memiliki sifat antiperadangan yang cocok untuk meredakan peradangan akibat radang amandel.

Baca juga: Brace Spasojevic Belum Mampu Raih Kemenangan atas Persija Jakarta

3. Air garam
Garam dikenal dengan sifatnya sebagai antiseptik alami. Membuat air garam dikatakan dapat membuat amandel Anda yang membengkak jadi membaik. Anda hanya cukup mencampurkan air hangat dengan garam sebanyak 1 sendok teh.

Setelah air garam jadi, Anda bisa berkumur menggunakan air tersebut. Tidak hanya berkumur di sekitar rongga mulut, Anda bisa berkumur hingga kebagian tenggorokan.

Berkumur dengan menggunakan air garam dapat membasmi virus maupun bakteri penyebab peradangan pada amandel. Berkumurlah dengan menggunakan air garam ini beberapa kali dalam sehari, maka peradangan akan berangsur menghilang.

4. Kunyit
Kunyit sering digunakan sebagai penyedap dan pewarna alami pada makanan. Namun, ternyata kunyit juga dapat mengobat amandel yang sedang meradang, lho. Cara membuat obat alami untuk amandel dengan kunyit bisa dibilang sangat mudah.
Anda hanya perlu menambahkan bubuk kunyit ke dalam segelas susu yang hangat. Konsumsilah susu dengan campuran bubuk kunyit ini pada malam hari selama tiga hari berturut-turut.

5. Air lemon dan madu
Lemon dan madu sudah cukup dikenal sebagai bahan-bahan alami yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang meningkat bisa membantu melawan infeksi-infeksi yang menyebabkan terjadinya peradangan, terutama pada amandel.

Tak hanya itu, lemon sendiri mengandung sifat antiradang, antivirus, dan antibakteri yang tentunya baik untuk dikonsumsi. Begini cara membuatnya:

  • Peraslah satu buah lemon
  • Tambahkan 1 sendok teh madu dan segelas air hangat
  • Anda bisa menambahkan sedikit garam untuk memberikan rasa gurih
  • Aduklah semua bahan tersebut

Minuman lemon dan madu ini bisa Anda konsumsi setidaknya 2 kali dalam sehari. Mengonsumsinya selagi hangat lebih disarankan.*Rin

Baca juga: Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Lokasi KTT ASEAN 2023

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait