Daun Sirih Dipercaya Sebagai Obat Alami untuk Mengatasi Gangguan Kesehatan

Kesehatan —Jumat, 4 Nov 2022 15:10
    Bagikan  
Daun Sirih Dipercaya Sebagai Obat Alami untuk Mengatasi Gangguan Kesehatan
Manfaat Daun Sirih untuk Tubuh.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Daun Sirih sejak dahulu sudah sering digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi sejumlah gangguan kesehatan. Daun sirih banyak digunakan untuk obat herbal.

Tanaman sirih sendiri banyak tumbuh di Indonesia. Daun sirih memiliki banyak manfaat. Daun sirih mengandung protein, fenol, tannin, iodin, sodium, vitamin V, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, flavonoid, saponin, polifenolat dan minyat atsiri.

Ada dua jenis daun sirih yang banyak di jumpai. Ada daun sirih merah dan daun sirih hijau. Keduanya sama-sama memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja ya?

Menyehatkan saluran pencernaan

Daun sirih mampu menyehatkan saluran pencernaan di dalam tubuh. Kandungannta bisa meningkatkan metabolisme dan merangsang kerja usus untuk menyerap nutrisi dan vitamin yang penting bagi tubuh. Selain itu, daun sirih juga bisa dijadikan obat herbal untuk mengatasi sembelit. Air rebusannya duklaim bisa membantu membuat buang air besar menjadi lancar.

Menyembuhkan luka

daun sirih terutama daun sirih merah memiliki kandungan saponin yang bersifat antiseptic. Senyama ini berperan penting dalam penyembuhan luka. Selain saponin, sirih merah juga memiliki tannin yang berfungsi membentuk kolagen sehinga luka lebih cepat tertutup.

Baca juga: Konser BLACKPINK di Indonesia Terancam Batal

Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Daun sirih juga bisa menjaga kesehatan mulut dan merawat gigi. Sifat antimikroba pada daun sirih membantu mengatasi bakteri yang tertinggal di mulut. Oleh karena itu, sejak dulu daun sirih sudah digunakan untuk menjaga gigi. Saat itu, para orang tua mengunyah daun sirih untuk menggunakannya.

Mencegah infeksi bakteri

Manfaat daun sirih selanjutnya adalah untuk mencega infeksi karena bakteri. Kandungan fenol dan flavonoid di dalam sirih mampu mencega resiko infeksi. Daun sirih juga disebut mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylocuccus.

Mencegah peningkatan kadar gula darah

Diabetes meiitus adalah penyakit gangguan metabolism kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Kondisi ini biasanya menyebabkan penderitanya engalami beberapa gangguan organ tubuh. Jika tidak segera diatasi, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderita. Mengonsumsi air rebusan daun sirih juga bisa membantu mencega hal ini terjadi. Daun sirih juga dapat menjaga system kekebalan tubuh tetap utuh. Bahkan, minyak daun sirih juga bisa digunakan oleh penderita diabetes.

Mencegah penyakit kanker

daun sirih memiliki senyawa fenolik di dalamnya yang bisa mengandung berbagai khasiat seperti anti bakteri, anti muatgenik, antioksidan dan anti proliratif. Daun sirih hijau bisa memiliki akndungan fitokimia yang tinggi yang bisa membantu melawan kanker mulut dan usus besar. Daun sirih juga mebantu melawans tress oksidstif dan menghilangkan radikal bebas. Kedua factor ini penting dalam mencegah kanker. (PARISAINI R ZIDANIA/kemkes.go.id)

Baca juga: Membuat Empal Gentong, Makanan Khas Cirebon

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait