Mata Panda Bikin Penampilan Kurang Percaya Diri? Ini Dia Tips Menghilangkan Mata Panda

Kesehatan —Rabu, 23 Nov 2022 11:05
    Bagikan  
Mata Panda Bikin Penampilan Kurang Percaya Diri? Ini Dia Tips Menghilangkan Mata Panda
Mata Panda.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Kemunculan kantung mata biasanya bukan karena permasalahan kesehatan yang serius. Tetapi, kemunculannya mungkin mengganggu dalam aspek kecantikan. Hal tersebut sering terjadi akibat kelelahan. Namun, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan kantung mata. Mengutip Mayo Clinic, faktor penyebab kantung mata meliputi Pengumpulan cairan, terutama saat bangun tidur atau setelah mengonsumsi makanan asin. Kurang tidur. Alergi. Merokok. Keturunan.

Kantung mata yang terlihat jelas terkadang dapat mengganggu penampilan bagi sebagian orang. Tak jarang seseorang menempuh segala cara menghilangkan kantung mata agar riasan lebih optimal.

Anda sebaiknya tidak sembarang memilih perawatan kulit karena tidak ada cara instan untuk mengurangi masalah kantung mata.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

1. Tinggikan kepala saat tidur

Menurut ahli kecantikan Karly O'Keefe dalam Insider.com, meninggikan kepala saat tidur dapat mengurangi kantung mata. Coba tinggikan kepala dengan menggunakan bantal tambahan.

Cara ini akan mencegah cairan menggenang di bawah mata dan mencegah pembengkakan dan peradangan. Jika Anda tidur dengan posisi telentang, cairan dapat menggenang di kelopak mata bagian bawah dan menyebabkan munculnya kantung mata.

Baca juga: Presiden Jokowi Kunjungi Tenda Pengungsi Korban Gempa di Cianjur

  1. Kompres mata dengan timun dingin

Jika Anda pernah melakukan perawatan spa, Anda mungkin diberi timun dingin di sekitar mata. Timun mengandung vitamin C dan asam kafeat yang mampu meredakan mata lelah dan menghilangkan kantung mata serta mengurangi bengkak
Caranya, potong dua iris timun dingin dan kompres mata sembari berbaring. Biarkan selama 10 menit dan jangan dibilas agar nutrisi terserap maksimal.

  1. Menggunakan kompres dingin

Kompres dingin bermanfaat untuk mengecilkan pembuluh darah yang melebar di sekitar mata, sehingga kantung mata terlihat mengempis. Anda bisa mengompres dingin menggunakan sendok makan dari logam, irisan mentimun, dan kapas basah yang disimpan lebih dulu selama beberapa menit di freezer. Kompres mata tertutup selama beberapa menit, ulangi jika kantung mata masih terlihat bengkak.

  1. Perbaiki tidur malam

Tak hanya mengurangi bengkaknya kantung mata, cara ini juga dapat digunakan sebagai cara agar kantung mata tidak kendur. Karena saat Anda tidur cukup delapan jam dalam semalam, maka tubuh Anda punya waktu untuk memproduksi kolagen dan elastin sehingga kulit area mata menjadi lebih kencang. Tentu saja, cara ini butuh waktu lama sampai Anda dapat melihat hasilnya. Untuk menghindari cairan mengalir dan berkumpul di wajah dan area mata, Anda dapat tidur menggunakan bantal. 

  1. Gunakan sunscreen

Salah satu hal terpenting dalam perawatan kulit yaitu selalu memakai tabir surya atau sunscreen di luar maupun di dalam ruangan.

Kebiasaan ini membantu Anda mencegah beragam masalah kulit, seperti penuaan dini, kanker kulit, dan mengurangi risiko munculnya kantung mata.

Usahakan memilih produk tabir surya dengan SPF lebih dari 30. Bila memungkinkan, gunakan kacamata hitam ketika ke luar ruangan dan matahari sedang terik-teriknya.

Demikian berbagai cara menghilangkan kantung mata secara alami.(Rrin)

Baca juga: Update, Korban Meninggal Akibat Gempa Bumi Cianjur Menjadi 268 Orang Meninggal Dunia, 151 Orang Masih Dalam Pencarian

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait