Kisah Misteri Saranjana Kota Gaib di Pelosok Kalimantan

Hiburan —Selasa, 22 Aug 2023 09:48
    Bagikan  
Kisah Misteri Saranjana Kota Gaib di Pelosok Kalimantan
Buku Mencari Saranjana karya Gusti Gina yang diterbitkan Gagasmedia. (Twitter Gusti Gina)

DEPOSBALI- Belakangan ini nama kota Saranjana viral dibicarakan di media sosial. Saranjana menjadi dialog yang sering muncul di kalangan masyarakat Banjar hingga warga pendatang di tanah Kalimantan.
Kota Gaib Saranjana yang telah diangkat menjadi sebuah film bergenre horor sukses memberikan fakta nyata berbagai kisah mistis yang pernah terjadi.
Di jagat maya, heboh sebuah foto perempuan yang berpose di atas bukit ketika malam tiba. Tak disangka, di bagian belakang fotonya ada gedung-gedung pencakar langit.
Atau kisah ketika musisi Ari Lasso menggelar tur keliling konser tunggal di pelosok Kalimantan yang diakui memiliki banyak penonton namun ternyata tak banyak?Rasa penasaran membuat perempuan bernama Gusti Gina menjelajahi Desa Oka-Oka, kecamatan Pulau Laut Kelautan, Kotabaru, Kalimantan Selatan akhir 2022.
Gusti Gina yang berprofesi sebagai pembuat konten itu asli berasal dari Banjar dan sudah merantau ke Ibu Kota sejak 5 tahun lalu.
Sejak kecil, Gusti Gina sudah terbiasa mendengarkan berbagai cerita rakyat, legenda, misteri hingga makhluk tak kasat mata yang berasal dari tanah kelahirannya.
Dia pernah mendiami sebuah rumah angker yang memiliki kamar sakral berkelambu kuning. Kisah ini pula yang membuat dirinya diundang ke kanal YouTube Raditya Dika 2 tahun lalu dan menceritakan sesejan yang setiap hari harus dilakoni bersama adiknya ke kamar tersebut.

Baca juga: Peluang Timnas Indonesia Maju ke Semifinal Piala AFF U23 Masih Terbuka, Inilah yang Harus Diperbaiki


Lama berselang setelah Misteri Kelambu Kuning, Gusti Gina segera menerbitkan sebuah buku berjudul Saranjana. Buku yang diterbitkan oleh Gagasmedia akan dibuka sistem prapesan pada 17-25 Agustus mendatang.
Perempuan berusia 27 tahun menceritakan mengenai Saranjana dan seluk-beluk kota gaib yang berasal dari kampung halamannya tersebut.
"Di Kalimantan, ada nama kota gaib Saranjana yang dipercayai oleh jin muslim di sana. Saya menulis cerita dokumenter perjalanan saya ke sana berdasarkan cerita warga lokal yang punya kaitan dengan Saranjana, ada yang mengaku melihat, pindah atau berinteraksi dengan Saranjana, bahkan ada yang mengaku ke sana dan balik lagi jadi pernah gila," kata Gusti Gina.
Dalam berbagai cerita, Saranjana dikisahkan sebagai kota gaib yang maju ketimbang dunia manusia.Di tanah Kalimantan, belum banyak infrastruktur yang terbangun dan masih banyak hutan namun berbeda dengan Saranjana.
"Saranjana digambarkan sebagai kota urban yang punya gedung-gedung bertingkat langit bertingkat, banyak mobil seperti Jakarta. Ini sudah ada turun temurun, bukan hanya mitos atau misterinya saja. Tapi saya juga mewawancarai ceramah yang juga secara ilmiah mengatakan Saranjana itu ada dalam penelitian , sudah ada peta di masa lalu," tutur YouTuber yang konten horornya memiliki 369 ribu subscriber tersebut.
Konten cerita tentang Saranjana di YouTube juga banyak mendapat apresiasi dan viewer. Kisah itu pun dibukukan dan segera menyapa para pencinta misteri.
“Di Desa Oka-Oka itu ada titik koordinat antara dunia manusia dan alam Saranjana, kalau di sana ada bekas-bekas kehidupan secara nyata seharusnya ada bekas bangunan atau peninggalan bersejarah tapi belum ditemukan sampai saat ini,” tutupnya. (Siska Septiani)

Baca juga: Inilah cara melihat postingan dan komentar di Instagram tanpa login.

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait