Sirkuit Internasional Mandalika Jadi Ikon Kebanggaan NTB dan Tanah Air

Wisata —Senin, 12 Sep 2022 13:18
    Bagikan  
Sirkuit Internasional Mandalika Jadi Ikon Kebanggaan NTB dan Tanah Air
Sirkuit Internasional Mandalika.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,-  Sirkuit Internasional Mandalika memiliki keunikan dan kekhasan yang tidak dimiliki sirkuit lain di dunia. Apa saja itu?

Sirkuit yang berlokasi di Desa Kuta, Lombok Tengah, NTB memiliki nama dari legenda Suku Sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat yaitu Putri Mandalika. Sirkuit ini juga memiliki fungsi ganda, sirkuit sekaligus jalan raya. Jika sirkuit tidak digunakan balapan, berubah fungsi menjadi jalan raya.  Bahkan, di tikungan 15 dan 16, grip lintasan dicat bernuansa merah putih dengan motif tenun ikat khas Sasak Lombok.

Dari aspek teknis, sirkuit ini memiliki lintasan sepanjang 4,31 km dengan 17 tikungan. Aspal yang digunakan merupakan Stone Mastic Asphalt (SMA) yang memiliki daya penetrasi tinggi, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan saat lintasan basah. Lapisan paling atas didatangkan dari Inggris sedangkan aspal bagian bawah merupakan asli buatan Indonesia. Komponen lainnya pun mengandalkan produk buatan NTB. Untuk daya tampung, saat situasi normal, Sirkuit Mandalika bisa menampung hingga 195 ribu penonton.

Keenam, sirkuit ini memiliki pemandangan indah karena dikelilingi kawasan wisata, seperti Pantai Tanjung Aan, Pantai Seger, Pantai Kuta Mandalika, Pantai Gerupuk, Bukit Merese, dan beberapa desa adat di sekitarnya. Bahkan, di tikungan 10-11 memiliki landscape Bukit Kenjering di bagian tengahnya. Keunikan dan kekhasan yang hanya dimiliki Sirkuit Internasional Mandalika.*(TISHA S KANILAH)

Baca juga: Kisah Cinta Mak Lampir yang Berakhir Tragis

Editor: Siska
    Bagikan  

Berita Terkait