Ini Dia Cara Untuk Mencegah dan Memudarkan Stretch Mark Saat Hamil

Kesehatan —Selasa, 26 Dec 2023 14:49
    Bagikan  
Ini Dia Cara Untuk Mencegah dan Memudarkan Stretch Mark Saat Hamil
foto:klik dokter

DEPOSTBALI-, Saat kamu memiliki stretch mark di kulit saat hamil, itu adalah hal yang sangat wajar, lebih dari 50% ibu hamil banyak mengalaminya.

Selama kehamilan, stretch mark bisa muncul di perut, payudara, bokong, paha dan tungkai atas, pinggul, dan lengan.

Namun, stretch mark tidak hanya terjadi pada kehamilan, strect mark dapat terjadi pada pria dan wanita baik hamil atau pun tidak.

Stretch mark pada kulit bisa berwarna merah muda, merah, ungu atau coklat, tergantung warna kulit seseorang.

Saat stretch mark memudar, warnanya mungkin berubah, tampak keperakan atau putih, atau bahkan menjadi gelap. Ini dia faktor yang dapat mempengaruhi stretch mark pada kehamilan:

 

-              Keturunan

Genetika juga merupakan factor penyebab terjadinya stretch mark selama kehamilan, jika mengalami stretch mark pada usai yang lebih muda.

Pertumbuhan ketika pubertas, atau keturunan dari anggota keluarga yang juga mengalaminya.

 

-              Hormone

Selama kehamilan, kelenjar adrenal menghasilkan hormone kortisol, ketika kadar kortisol meningkatkan secara alami, serta elastis di kulit akan melemah dan kulit akan meregang, hal ini menyebakan stretch mark saat hamil.

Baca juga: 4 Rekomendasi Film Natal yang Bagus di Tahun 2023, Ada Favorit Kamu?

Cara untuk mencegah terjadinya stretch mark ;

 

-              Cukupi vitamin C

Kolagen adalah bahan utama untuk menjaga kulit tetap kuat dan elastis, serta mengurangi munculnya kerutan. Vitamin C memiliki nutrisi penting untuk pengembangan kolagen.

 

-              Gunakan Lotion

Selalu gunakan Lotion atau krim setiap hari untuk menjada kelembapan kulit, sehingga bisa membantu meredakan gatal pada kulit saat hamil untuk menghindari terjadinya stretch mark.

 

-              Komsumsi jus lemon

Asam strat dalam jus lemon sangat cocok untuk menyembuhkan kulit yang menderita stetch mark. Pijat jus dari lemon segar ke area yang terkena dan bilas dengan air hangat.

 

-              Putih telur

Putih telur kocok kaya akan protein dan asam amino sehingga cocok untuk mengatasi stretch mark. Oleskan ke area yang terkena biarkan mongering lalu bilas. (wdyqrrtlan)

Baca juga: Terapkan 5 Kebiasaan Ini Pada Malam Hari Agar Kulit Kalian Tetap Glowing

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait