4 Hal yang di Lakukan Seseorang Ketika Merasa Dirinya Sedang Insecure

LifeStyle —Jumat, 15 Dec 2023 13:49
    Bagikan  
4 Hal yang di Lakukan Seseorang Ketika Merasa Dirinya Sedang Insecure
foto:pinterest

DEPOSTBALI-, Beberapa orang memiliki kepribadian yang terbuka akan banyak hal tentang dirinya sendiri. Dan ada juga orang yang terlalu menutup diri karena meraka mungkin takut jika orang lain mengkritik dan menghakimi mereka. Orang orang yang tertutup cenderung tidak percaya diri. mereka juga sulit mempercayai orang lain bahkan mereka juga meragukan kemampuan diri mereka sendiri meskipun mereka mencapai kesuksesan atau berada dalam hubungan yang sukses.

Orang yang tertutup memiliki beberapa pola perilaku yang mencolok yang menunjukkan tingkay ketidaksamaan mereka. Lalu kebiasaan apa yang kerap dilakukan orang yang merasa insecure terhadap dirinya sendiri?

Simak sikap yang kerap dilakukan seseorang yang sedang merasa insecure\

  1. Perasaan takut di tolak atau di tinggalkan

Seseorang yang merasa insecure seringkali memiliki ketakutan mendalam akan penolakan atau di tinggalkan. Mereka mungkin cemas bahwa jika mereka tidak memenuhi harapan orang lain. Hubungan atau persahabatan akan berakhir. Sebagai sehabar, penting untuk memberikan dukungan dan menyakinkan bahwa kamu aka nada di samping mereka bahkan saat situasi sulit.

  1. Pencarian konstan akan validasi

Seseorang yang merasa insecure seringkali mencari konfirmasi dan validas dari orang lain untuk mengukur nilai diri mereka. Mereka mungkin sering bertanya, apa pendapatmu tentang ku? Atau apa yang seharusnya aku lakukan? Jangan ragu memberikan dukungan dan pujian positif kepada mereka, tetapi penting juga untuk mendorong mereka menemukan nilai diri dari dalam.

Baca juga: Brand Zara Kembali Mendapat Hujatan Usai Klarifikasi di Akun Sosial Medianya

  1. Perbandingan yang berlebihan dengan orang lain

Merasa insecure sering kali disertai dengan kepribadian yang berlebihan dengan orang lain. Individu ini cenderung membandingkan dirinya dengan standar yang tidak realistis.terutama yang dilihat dari kehidupan orang lain di media social. Ingatkan mereka bahwa setiap orang memiliki perjalanan masing masing dan tidak adik untuk membandingkan kehidupan kita dengan orang lain.

  1. Keengganan untuk menerima pujian atau keritik

Seseorang yang merasa insecure mungkin kesulitan menerima pujian atau keritik. Mereka mungkin merasa tidak pantas mendaoatkan pujian atau merasa sangat terpukul oleh kritik.

 Penting untuk bersikap sabar dan memberikan dukungan positif ajarkan mereka untuk melihat pujian sebagai apresiasi dan kritik sebagai peluang untuk tumbuh

 

Merasa insecure adalah pengalaman manusiawi yang sering kita alami. Penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung di sekitar kita dan memberikan dukungan kepada mereka yang mungkin merasa tidak aman. (wdyqrrtlan)

Baca juga: Cara Menbedakan Batuk Penumonia dan Batuk Biasa

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait