Wajib Nonton! Ini 2 Film Pahlawan dengan Tema 10 November yang Diangkat dari Kisah Nyata

Nah ini dia —Jumat, 10 Nov 2023 13:38
    Bagikan  
Wajib Nonton! Ini 2 Film Pahlawan dengan Tema 10 November yang Diangkat dari Kisah Nyata
foto;IMBd

DEPOSTBALI-, Seperti yang kita ketahui setiap tanggal 10 November, masyarakat Indonesia senantiasa memperingati Hari Pahlawan.

Momen ini diperingati untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa yang melatarbelakangi peringatan Hari Pahlawan adalah pertempuran Surabaya yang terjadi pada tanggal 10 November 1945.

Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengingat hari bersejarah di Indonesia, salah satunya menonton film pahlawan untuk mengenang jasa mereka.

Melansir dari berbagai sumber. Ini dia film perjuangan pahlawan yang berdasarkan kisah nyata.

 

- Soerabaia 45 (1990)

Film yang mengangkat kisah perang yang kemudian terkenal dengan sebutan peristiwa 10 November di Surabaya. Film ini mengisahkan banyak hal diantaranya, tokoh pembakar semangat di ini adalah Bung Tomo, juga mereka yang berperan dalam perobekan bendera Belanda, tertembaknya jenderal Inggris dan lain-lain.

Film ini seolah direnstuksi ulang sebagai sebuah visual ulah kisah heroik itu dari kacamata rakyat biasa.

Soerabaia 45 yang menceritakan kemarahan rakyat Suarabaya yang meledak, begitu mengetahui bahwa pasukan sekutu membawa misi mnembabalikkan Indonesia ke Belanda. Perlawanan senjata pun dikobarkan hingga dibunuhnya pemimpin tentara Inggris di Jawa Timur, Brigadir Jenderal Mallaby.

Film yang di bintangi oleh Nyoman Swadayani yang menjadi unggulan FFI dalam aspek skenario, fotografi,editing,musik,suara dan artistik

 

Baca juga: Jelang Konser Coldplay di Jakarta, Ini Panduan Konser Coldplay Tukar Tiket hingga Masuk Vanue

- Pertempuran Surabaya (2015)

Battle of Surabaya yang menceritakan petualangan Musa, remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi perjuangan arek-arek Suroboyo dan TKR dalam peristiwa pertempuran dahsyat 10 November 1945 di Surabaya.

Film yan bercerita dengan visualisasi dahsyat dari pengeboman atom Kota Hiroshima dan Nagasaki oleh Sekutu, yang menendakan penyampaiannya Jepang kepada sekutu di atas kapal USS Missouri(bb-63).

Meskipun Presiden Indonesia, Soekarno, memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, namun Belanda ingin mengembalikan kendali atas Hindia Belanda, yang menghasilkan Revolusi Nasional Indonesia.

Karena Belanda kekurangan tenaga kerja untuk merebut kembali bekas jajahannya, pasukan Inggris dan India mendarat di Jawa, termasuk Surabaya, untuk memulihkan keterbitan atas nama Belanda.

Cerita ini merupakan adaptasi dari pertempuran 10 November di Surabaya Selain tokoh-tokoh nyata, terdapat tokoh fiktif yang sengaja dibuat untuk memperkuat pesan yang ingin sampaikan. Pesan dalam film tersebut berisi tentang semangat, cinta tanah air dan perdamaian. (wdyqrrtlan)

Baca juga: 5 Sikap Agar kamu Tidak Memunyai Dendam Pada Siapapun

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait