Simak 5 Mitos Malam Jum’at Kliwon yang Bikin Kamu Merinding

Horror —Senin, 21 Aug 2023 11:20
    Bagikan  
Simak 5 Mitos Malam Jum’at Kliwon yang Bikin Kamu Merinding
Ilustrasi foto *pinterest

DEPOSBALI-, Malam Jumat Kliwon adalah salah satu hari yang bagi sebagian masyarakat Indonesia dianggap sebagai hari keramat.
Jumat Kliwon juga merupakan salah satu hari dalam sistem penanggalan dari kalender Jawa.
Bagi masyarkat Indonesia khususnya suku Jawa mempercayai tentang malam menjelang hari Jumat Kliwon alias malam Jumat Kliwon dianggap sebagai hari yang sakral bin keramat.
Tak hanya itu, bahkan Malam Jumat Kliwon juga sangat identik dengan sebuah momen angker dan menyeramkan yang juga seringkali dikaitkan dengan alam gaib.
Pada malam Jumat Kliwon ini dipercaya juga beberapa mitos-mitos yang pamali atau tidak boleh dilanggar agar selamat dari kesialan juga kemalangan.
Boleh percaya atau tidak, namun berikut ini ada beberapa mitos malam Jumat kliwon yang hingga saat ini masih jadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang, selengkapnya di AyoSemarang!

1. Malam keramat
Malam Jumat Kliwon jadi salah satu hari yang paling ditakuti oleh secara khusus masyarakat suku Jawa.
Dianggap keramat, maka beberapa orang yang percaya bahkan memiliki kebiasaan menghentikan seluruh kegiatan mereka jika bertepatan dengan hari sakral ini.
Dianggap keramat, maka beberapa orang yang percaya bahkan memiliki kebiasaan menghentikan seluruh kegiatan mereka jika bertepatan dengan hari sakral ini.
Sebagian orang Jawa melewati hari sakral ini dengan melakukan puasa atau tirakatan dan berdoa dengan khusyuk agar menghindarkan diri dari kesialan dan hal-hal jahat yang tak terlihat.
Namun, ada pula yang hanya memanfaatkan malam Jumat kliwon ini untuk menghimpun kekuatan supranatural dengan melakukan segala ritual pesugihan ataupun ritual mencuci benda keramat seperti keramat.

2. Harinya hantu bebas identifikasi
Tak hanya jadi hari keramat, malam Jumat Kliwon ini juga diyakini sebagai momen dimana para hantu atau roh halus sedang bebas berlindung.
Untuk mengantisipasi gangguan dari roh halus tersebut seringkali diadakan doa ataupun kesehatan.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Pentingnya Sarapan Pagi Untuk Kesehatan Tubuh Kita

3. Keluar malam hari
Tentunya penjagaan tersebut dilakukan di kuburan, guna mencenggah jasad tersebut dicuri oleh yang sedang mengamalkan ilmu klenik atau ilmu hitam.
Namun, di sisi lain sebagian masyarakat Jawa juga menganggap orang yang meninggal pada malam Jumat kliwon dianggap baik, dengan kata lain pertanda khusnul khotimah.

5. Memukul kasur yang dijemur pada malam Jumat kliwon
Jadi sebuah larangan, menyerang kasur yang dijemur pada malam Jumat kliwon hal tersebut jika dilakukan diyakini dapat mendatangkan kesialan dan kekuatan negatif.
Demikian informasi tentang mitos malam Jumat Kliwon yang bisa dipercaya atau tidak ya! (Siska Septiani)

Baca juga: Aditya dan Tim Nasional Amputasi, dari Cileunyi Menuju Turki, Dalam Sunyi Berikan Prestasi

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait