Jangan Sampai Tertipu! Ini Dia Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Pendidikan —Kamis, 29 Dec 2022 14:14
    Bagikan  
Jangan Sampai Tertipu! Ini Dia Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu
Emas Perhiasan.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Penipuan terhadap emas sering kali terjadi saat permintaan meningkat. Maka dari itu, ada baiknya para pembeli juga mampu membedakan mana emas asli maupun emas palsu untuk menghindari kejahatan.

Lantas bagaimana caranya membedakan emas asli atau palsu?

1. Gosok Emas dengan Tangan

Cara pertama agar mengetahui apakah emas tersebut asli atau palsu adalah dengan menggosoknya. Gunakan tangan kosong untuk menggosok emas. Apabila warnanya pudar, maka dapat dipastikan bahwa emas tersebut palsu.

2. Perhatikan Bentuk Fisik Emas

Kamu bisa memperhatikan kondisi fisik emas. Pada emas murni atau batangan, kamu akan melihat kadar emas itu. Kadar emas itu biasanya menggunakan satuan fineness. Namun ada juga yang menulisnya dengan satuan karat, antara lain 10K, 18K dan 24K.

Baca juga: Coach Teco Bocorkan Langkah Bali United Jelang Jendela Transfer Liga 1

3. Dekatkan ke Magnet     

Dekatkan emas dengan magnet. Emas memiliki sifat non magnetis. Jadi apabila emas didekatkan dengan magnet akan emas tidak akan mau menempel. Namun perlu diperhatikan juga ada logam lain yang juga memiliki sifat non magnetis.      

4. Gigitlah Emas 

Cara cek emas asli atau palsu selanjutnya adalah dengan cara mengigitnya. Emas asli biasanya lunak dan mudah dibentuk. Semakin tinggi kadar karatnya, emas pun akan makin lunak. Jika kamu menggigit emas batangan dan terdapat bekas gigitan, berarti itu emas asli. Eits, tapi jangan terburu-buru membeli yah. Karena pengrajin emas palsu juga mencampurkan  timah pada bagian luar. Timah juga lunak mirip seperti emas. 

5. Cek ke Butik Logam Mulia

Jika kamu tidak mau ribet mengecek keaslian emas, bisa datang ke Butik Antam LM. Di sana terdapat petugas-petugas yang dapat mengecek keaslian dari logam mulia itu. Nantinya petugas akan memberitahukan apakah emas yang kamu bawa itu asli atau palsu. 

6. Gunakan  CertiEye     

Jika kamu masih kurang yakin cara cek emas asli atau palsu bisa menggunakan aplikasi CertiEye. Tapi kamu harus mendownload aplikasi tersebut di ponsel pintar. Di aplikasi itu akan memberikan informasi seasli apa emas yang ada di tanganmu itu. Itulah 6 cara cek emas asli atau palsu. Semoga kamu bisa membedakan emas yang asli dengan yang palsu, biar investasimu tidak terganggu.

Yuk Simak, Jangan Ketipu yaa! (RATIH ANJANI)

Baca juga: Membuat Snowball Cookies, Kue Kering Mirip Putri Salju

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait