Tips Merawat Motor Matic Agar Tidak Mudah Rusak

News —Kamis, 15 Dec 2022 14:30
    Bagikan  
Tips Merawat Motor Matic Agar Tidak Mudah Rusak
Tips Merawat Motor.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Sekarang masyarakat banyak yang menggunakan sepeda motor matic dengan alasan simple dan dapat membawa banyak barang. Tapi, tidak sedikit orang yang tidak mengetahui cara merawat motor matic.

Motor matic memang terbilang sebagai transportasi baru. Pada awalnya manusia menggunakan hewan sebagai alat transportasi ketika hendak berpergian. Seiring dengan perkembangan teknologi membuat perusahaan sepeda motor menciptakan transportasi yang yang canggih.

Hingga ada beberapa jenis motor lainnya selain motor matic. Orang menggunakan jenis motor yang berbeda berdasarkan kebutuhannya masing-masing. Seperti salah satu motor yang dibanyak dicari yaitu motor matic.

Semua transportasi membutuhkan perawatan yang tepat agar dapat digunakan dengan waktu yang lama. Meskipun harus rutin untuk melakukan service ada beberapa cara yang mudah untuk dilakukan agar motor matic bisa awet. Berikut tips cara merawat motor matic khususnya Yamaha agar awet.

Baca juga: Presiden Joko Widodo Hadiri KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa di Belgia

Rutin Mengganti Oli

Salah satu kebutuhan yang dibutuhkan oleh sebuah mesin motor yaitu oli. Bagi pengguna motor matic ada baiknya malakukans penggantian oli secara rutin. Jika oli pada mesin tidak diganti, oli akan menjadi kotor dan akan terjadi kerusakan pada mesin motor.

Sebelum Digunakan Ada Baiknya Jika Masin Dipanaskan

Sebagian pengguna motor matic biasanya menggunakan starter untuk menyalakan motor. Tapi perlu diketahui bahwa menggunakan starter secara terus menerus akan membuat aki motor menjadi lemah.

Untuk menghindari hal tersebut sebelum motor diguanakan ada baiknya jika mesin motor dipanaskan dan ketika dinyalakan tidak menggunakan starter.

Memperhatikan Timing Belt

Timing belt merupakan bagian yang sangat penting bagi motor matic karena fungsi dari timing ini sama seperti fungsi dari rantai pada motor bertransmisi. Jadi bagi pengguna motor matic harus selalu mengecek agar timing belt tidak mngeras. Apabila timing belt mengeras maka motor matic Anda akan sulit berjalan dan juga bisa menghambat Anda dalam perjalanan./put

Baca juga: Mitos Kuntilanak Pengambil Janin Kandungan

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait