Gua Lawah, Gua Kelelawar dengan Representasi Kepala Naga Basuki

Wisata —Sabtu, 27 Nov 2021 10:32
    Bagikan  
Gua Lawah, Gua Kelelawar dengan Representasi Kepala Naga Basuki
Gua Lawah, Gua Kelelawar dengan Representasi Kepala Naga Basuki - pinterest

DEPOSTBALI- Selain menjadi destinasi wisata Bali merupakan yang memiliki tempat-tempat mengagumkan dengan mitos dan cerita mistisnya.
Destinasi wisata horom salah satunya adalah Gua Lawah, Gua Lawah merupakan gua misterius yang dipenuhi oleh kelelawar-kelelwar.

Banyaknya kelelelawar ini menjadikan tempat ini sebagai fenomana unika yang juga ngeri kala melihatnya, Pemerintah juga melindungi kelelawar-kelelawar yang ada di Gua Lawah ini.

Mitos dan Sejarah Gua Lawah

Gua Lawah memilii hubungan yang serat dengan Pura Besakih dimana berlokasi di Lereng Gunung Agung, yang merupaan pura induk bagi seluruh umat hindu di Bali. Menurut Lontar Prekempa Gunung Agung, Pura Gua Lawah merupakan representasi kepala dari Naga Basuki, sedangkan Pura Gua Raja di Kompleks Pura Besakih merepresentasikan ekornya.

Dalam kepercayaan Hindu di Bali Naga Basuki merupakan salah satu dari tiga naga jelmaan dewa yang diturunkan untuk menyelamatkan bumi. Naga Basuki menjadi simbol dari keseimbangan siklus yang terjadi di alam

Baca juga: Glamping Lakeside Rancabali, Destinasi Wisata dengan Panorama Alam yang Indah

Bukan hanya ittu saja, Gua Lawah juga sebagai tempat pusatnya pemujaan terhadap Bhatara Tengahinh Segara dan Dewa Maheswara yang merupakan penguasar arah mata angin tenggara.

Selain itu Gua Lawah juga sangat erat dengan upacara Ngaben yang sering diadakan di Bali, setelah mereka melaksanakan upacara ngaben, mereka akan melakukan sembahyang di Gua Lawah untuk kemudian diteruskan semabhyang di Pura Besakih.

Lokasi Goa Lawah temple masuk dalam wilayah desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Jaraknya sekitar 10 km ke arah timur kota Semarapura atau kurang lebih 50 km dari kota Denpasar.RS

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Mata

Baca juga: Destinasi Wisata Pantai Tanjung Tinggi Belitung, Pantai Estetis dengan Batu Granit Raksasa


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait