Simak Cara Berikut Agar Motor Matic Irit BBM

News —Rabu, 12 Oct 2022 09:47
    Bagikan  
Simak Cara Berikut Agar Motor Matic Irit BBM
Motor Matic.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Ada banyak tips yang dapat dilakukan pemilik motor matic supaya konsumsi bahan bakar minyak (BBM) lebih irit.

Sebagai salah satu jenis kendaraan yang menjadi primadona di Indonesia, motor matic memiliki sejumlah kekurangan dan kelebihan.

Baik di kota besar maupun pedesaan motor matic menjadi kendaraan yang digunakan untuk mendukung mobilitas penggunanya. Dari ibu-ibu, sampai dengan anak-anak dapat mengendarai motor matic. Hal ini karena cara penggunaannya yang mudah.

Seorang pengendara motor matic hanya perlu menyeimbangkan badan, sembari menarik gas agar motor melaju di jalanan. Pengendara pun tidak memerlukan kopling dan juga roda gigi layaknya motor bebek, maupun motor sport.

Meskipun begitu, motor matic memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah bahan bakar yang boros. Ini dapat terjadi apabila Anda tidak mengetahui cara menggunakan motor dengan baik.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena ada sejumlah cara untuk membuat motor matic lebih irit. Oleh sebab itu, Anda dapat mengikuti beberapa tips di bawah ini agar motor matic Anda lebih irit bahan bakar.

1. Pakai BBM Standar Motor Matic Agar Irit

Tips kedua agar motor matic irit BBM adalah menggunakan bahan bakar yang sesuai standar. Hal tersebut biasanya terdapat pada buku petunjuk penggunaan motor.

Penggunaan BBM yang sesuai dengan standar membuat mesin pembakaran bekerja dengan baik, sehingga tidak begitu banyak membutuhkan konsusmsi bahan bakar.

Hal ini membuat mesin dapat bekerja sesuai standar. Sementara BBM yang memiliki oktan lebih rendah dari standar akan membuat ruang pembakaran mesin tidak bekerja secara maksimal.

Bahkan, penggunaan BBM di bawah standar dapat memicu kerusakan mesin karena menimbulkan kotoran yang berkerak di dalam mesin.

Oleh karenanya, agar motor matic Anda irit bahan bakar sebaiknya gunakan BBM yang sesui. Meskipun sedikit lebih mahal, biaya yang Anda keluarkan sebenarnya tidak jauh berbeda karena konsumsi motor lebih sedikit.

Baca juga: Segera Tayang KKN di Desa Penari Extended Version

2. Tekanan Angin Ban Juga Berpengaruh

Selanjutnya, adalah tekanan angin pada ban motor ternyata juga dapat mempengaruhi konsumsi kendaraan motor matic. Hal ini karena beban lebih berat, akan membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk membawanya.

Oleh karena itu, penggunaan bahan bakar menjadi lebih banyak untuk membuat motor matic melaju sesui keinginan pengendara.

Apabila tekanan angin pada ban terasa kurang, dan berada di bawah standar sebaiknya segera menepi dan mengisi tekanan angin kembali.

Hal tersebut selain untuk membuat penggunaan BBM pada motor matic Anda lebih irit, juga untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya oleh pengendara.

3. Periksa Filter Udara Secara Rutin

Tips yang ketiga untuk membuat motor matic irit bahan bakar saat mengendarainya adalah memeriksa filter udara motor Anda secara rutin.

Komponen filter udara sangat penting untuk jenis motor matic, sehingga perlu Anda perhatikan.  Tidak hanya membuat penggunaan BBM untuk motor matic menjadi lebih irit, filter udara yang bersih juga membuat mesin terasa lebih enteng.

Oleh karena itu, pengendara sebaiknya lebih sering melakukan pemeriksaan filter udara secara rutin, baik secara pribadi maupun melalui bengkel.

Setiap pabrikan biasanya memiliki bengkel resmi di setiap kota. Karenanya, jika menggunakan jasa bengkel, usahakan ke bengkel resmi sesuai merk kendaraan Anda.

Baca juga: Maleficent Akan Dibuat Sekuel Ketiga? Cari Tahu Kebenarannya Berikut Ini

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait