Raih Penghargaan, Dedikasi Perempuan Asal Jabar Berdayakan Masyarakat

News —Selasa, 3 May 2022 13:08
    Bagikan  
Raih Penghargaan, Dedikasi Perempuan Asal Jabar Berdayakan Masyarakat
Perempuan asal Jabar mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat atas perjuangan dan dedikasinya untuk memberdayakan masyarakat.* (FOTO: Biro Adpim Jabar)

DEPOSTBALI (KOTA BANDUNG),- Nolis Nuraeni (42), warga RT 02/10 Kampung Cidahu, Kelurahan Tamanjaya, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya mendapatkan penghargaan untuk bidang pendidikan.  Sejak 2010 Nolis berjuang mengembangkan jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) supermurah bagi masyarakat tak mampu. Berangkat dari keprihatinannya melihat anak-anak yang ikut PAUD hanya 30 orang, dengan tempat pembelajaran di rumahnya.

"Anak-anak yang ikut PAUD berasal dari tiga desa. Kebetulan rumah tempat belajar berlokasi di perbatasan tiga kelurahan, yaitu Tamansari, Setiawargi dan Tamanjaya," tutur Nolis.

Menurut ibu dari dua orang anak ini, lokasi rumah tempat anak-anak mengenyam pendidikan PAUD yang cukup jauh dengan kantor kelurahan, menjadikan banyak orang tua yang menitipkan anak-anak mereka.

"Untuk ke kelurahan cukup jauh, sekitar 5 kilometer dengan jalan yang becek dan berlumpur, sehingga para orang tua enggan untuk menitipkan anak mereka di sekolah serupa yang berada di sekitar kelurahan," ujarnya.

Nolis bersyukur, apa yang dirintisnya mendapat dukungan dari warga. Orang tua yang menitipkan anaknya kemudian bersepakat membayar biaya iuran bagi anak-anak mereka dari awal hanya Rp5 ribu per anak sekarang sudah sebesar Rp25 ribu per anak.

"Mereka menyisihkan biaya iuran untuk uang lelah guru. Sekarang jumlah guru pun bertambah dari sebelumnya hanya empat, sekarang 10 orang.  Untuk jumlah anak yang mengenyam pendidikan di PAUD, dari sebelumnya hanya 30 anak, sekarang sudah mencapai 200 anak," imbuhnya.

Seiring dengan terus tingginya tingkat kepercayaan para orang tua untuk menitipkan anak-anak mereka di PAUD, mereka pun bersepakat secara swadaya untuk membangun bangunan sekolah baru.

"Alhamdulillah, sekarang kita punya ruang kelas hasil swadaya masyarakat. Bangunan kemarin baru 2 kelas, ada  donatur yang menyumbang untuk dua kelas, dan baru selesai minggu kemarin," kelasnya.

Selain Nolis, total ada 27 perempuan Jabar mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat atas perjuangan dan dedikasinya untuk memberdayakan masyarakat. Penghargaan diberikan secara virtual oleh Ibu Presiden Iriana Joko Widodo dan Ibu Wakil Presiden Wury Estu Ma'ruf Amin dari Istana Negara.  Hal itu menjadi puncak peringatan Hari Kartini tahun 2022 tingkat nasional yang dilakukan secara hybrid.  Seluruh provinsi mengikutinya, dan dihadiri Gubernur Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung, Kamis (21/04/2022).

Nolis berharap penghargaan yang diterimanya dibarengi dengan bantuan dari pemerintah. "Penghargaan ini bentuk rezeki/ anugrah dari Allah SWA yang tidak ternilai, ini berkat usaha bersama," ungkapnya.

Baca juga: Drama Terbaru Yoona dan Lee Junho, Jangan Lewatkan ‘King the Land’

Baca juga: Rangkaian Kata Menyentuh Hati, Sambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Bantu warga yang sakit

Selain Nolis, pejuang wanita asal Jabar yang juga mendapat penghargaan di Hari Kartini Tahun 2022, yaitu Suniah (42), warga RT 02/05 Kedungkrisik Utara, Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Suniah mendapat penghargaan untuk bidang kesehatan. Kader kesehatan yang juga relawan bidang sosial ini, terjun ke masyarakat untuk membantu orang sakit yang dhuafa atau yang memiki keterbatasan ekonomi untuk berobat ke kota besar (Bandung/Jakarta).

"Kami fasilitasi dengan mobil gratis dan rumah singgah gratis, juga makan, insyaallah ada," ucapnya.

Menurut Suniah, ia bergabung dengan Yayasan Sedekah Rombongan sejak tahun 2016 lalu.  Itu menjadi awal mula dirinya terjun membantu masyarakat kurang mampu untuk mendapat pelayanan kesehatan.  Ketika dirinya merasa iba dengan tetangganya yang sakit tetapi sulit untuk mendapat pengobatan.

"Awalnya di belakang rumah, itu ada tetangga (jompo) yang sakit, dia tidak punya anak dan sakit bagian kanker tulang hidung.  Saya terpanggil dengan jeritan tangis dia yang tiap malam menangis terus. Dalam batin hati saya 'Ya Allah gimana saya harus berbuat apa untuk orang ini. Ya Allah bagaimana caranya saya bisa bantu," cetus Suniah.

Suniah mengaku, dirinya terus berusaha mencoba mencari dan mendatangi yayasan-yayasan atau lembaga yang bisa membantu tetangganya, hingga akhirnya bertemu dengan Yayasan Sedekah Rombongan.

"Alhamdulillah ketemu Sedekah Rombongan. Niat saya ingin bantu orang, dan alhamdulilah untuk warga terdekat bisa bantu," ujarnya.

Selain warga sekitar, saat ini masyarakat yang terbantu dengan perjuangan Suniah hingga wilayah 3 Cirebon, yang meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Indramayu.

"Di Sedekah Rombongan tanpa ada gaji, bantu orang dengan ikhlas. Alhamdulillah dengan keikhlasan ini saya diberangkatkan umroh," ujarnya.

Suniah menuturkan, sudah banyak pasien kurang mampu yang terbantu untuk mendapat pelayanan kesehatan. Penyakit yang dialami pasien pun beragam, namun yang terbanyak adalah kanker, paru-paru hingga jantung.

"Lebih dari 100 pasien sudah kita bantu. Sebelumnya kita survei dulu, perlu tidaknya pasien dibantu pendampingan. Kalau di RS ada BPJS.  Pendampingan tidak hanya saat dibawa ke RS saja, tapi sampai tahunan, ada yang 5-6 tahun, sampai ada yang hingga meninggal," jelasnya.

Suniah menjelaskan bahwa biaya yang digunakan untuk membantu para pasien berasal dari para donatur. Sebelumnya yang sakit mereka sebarkan profilenya, dari situ banyak masyarakat yang siap membantunya.

"Seminggu saya bisa memberangkatkan tiga kali, dalam mobil 2-3 pasien ke Bandung. Termasuk pasien anak, kita juga bantu untuk susu dan popoknya," jelas ibu tiga anak ini.

Suniah berharap ada bantuan dari pemerintah khususnya dalam pengadaan kendaraan (mobil) untuk antar-jemput pasien yang lokasinya cukup jauh.

"Biaya bantuan pemerintah belum ada. Harapannya bantuan kendaraan karena kendaraan masih menjadi kendala untuk menjangkau pasien, kadang tunggu suami pakai kendaraan (motor) untuk jemput pasien," pungkas Suniah.

Baca juga: Rangkaian Kata Menyentuh Hati, Sambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Baca juga: Harus Berkembang, Pasar Tradisional Terus Direvitalisasi

27 Pahlawan Perempuan di Jabar

Momentum peringatan Hari Kartini Tahun 2022, Pemda Provinsi Jawa Barat memberikan penghargaan kepada 27 pahlawan perempuan yang berasal dari seluruh daerah di Jabar.  Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Aula Barat, Gedung Sate, Kamis (21/04/2022) dalam acara Peringatan Hari Kartini Tingkat Provinsi Jabar. Kang Emil meminta perempuan yang hari ini hadir mendapatkan penghargaan menjadi teladan bagi perempuan lainnya di Jawa Barat.

Pemprov Jabar memiliki perhatian lebih terhadap kemandirian perempuan. Hal ini dibuktikan secara konkret melalui Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta) yang menyasar segala pelosok daerah di Jawa Barat melalui saluran Dinas DP3AKB.

"Kemandirian kemajuan hidup tidak tergantung orang lain, melainkan harus dilakukan oleh diri sendiri. Jabar Juara Lahir Batin melalui DP3AKB terus mengupayakan kesetaraan perempuan melalui program yang sudah dilakukan antara lain dengan hadirnya Sekoper Cinta," pungkasnya.

Melek digital

Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Jabar Ferry Sofwan Arif mendorong pelaku UKM di Jabar untuk melek digital, terutama sebagai sarana promosi dan transaksi jual-beli. Hal itu diungkapkannya dalam acara Bazar Ramadan 1443 H/2022.  Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat menggelar acara bertema “Pemulihan Ekonomi Melalui Pemberdayaan Perempuan”, pada Bulan April lalu.

"Ini memang saatnya era digital, tidak bisa lagi dengan cara manual, kalau tidak ingin ketinggalan," kata Ferry.

Menurut Ferry, 90 persen dari pelaku UKM di Jabar adalah perempuan. Oleh karena itu, perempuan harus terus didorong untuk melek digital.* (Bersumber dari siaran pers / TISHA S KANILAH)


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait