5 Alasan Anak tidak Nafsu Makan, Orangtua Wajib Mengetahuinya !

Kesehatan —Rabu, 20 Dec 2023 11:50
    Bagikan  
5 Alasan Anak tidak Nafsu Makan, Orangtua Wajib Mengetahuinya !
pinterest : Abu

DEPOSTBALI-, Jika anak kehilangan atau tidak nafsu makan hal ini sering terjadi di hadapi oleh orangtua dan hal ini juga membuat orangtua cemas karna anak mereka tidak mau makan sama sekali, kadang hal ini membuat orangtua menjadi stress akibat tidak anak tidak mau makan sama sekali.

Ada beberapa alasan kenapa anak tidak bernafsu makan , dan ini wajib orangtua untuk mengetahui apa alasannya, karena para orangtua harus mengembalikan nafsu makan anak kembali agar anak mau makan, jika anak terus menolak untuk makan maka tumbuh kembang anak akan terhambat. Dan inilah beberapa alasan anak tidak nafsu makan :

  • Penyakit atau Kondisi Kesehatan

Infeksi atau gangguan pencernaan bisa membuat anak menjadi kehilangan nafsu makannya, karena penyakit atau kondisi tertentu bisa menjadi penyebab utama kehilangan nafsu makan, ada beberapa gangguan yang bisa mempengaruhi anak kehilangan nafsu makannya yaitu gangguan pencernaan, masalah gigi, gangguan hormonal dan masalah penyakit lainnya yang berpengaruh tinggi pada selera makan anak.

  • Perubahan emosional

Anak bisa mengalami perubahan emosional dan bisa membuat anak menjadi kehilangan nafsu makannya, hal ini terjadi akibat stress, perubahan emosional seperti kecemasan atau perubahan lingkungan , maka akan berpengaruh pada selera mkan anak.

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Perayaan Natal 2023

  • Bosan dengan makanan yang itu-itu saja

Jika anak bosan dengan makanan maka selera makan mereka akan berkurang karena jenis makanannya yang sama atau bisa dinilai makanan pada anak terlalu monoton , sama halnya dengan orang dewas jika kita memakan makanan yang sama dengan rasa yang sama hal ini juga bisa membuat kita bosan dan tidak nasfu untuk makan.

  • Gangguan pada pertumbuhan anak

Jika anak sedang dalam masa pertumbuhan atau berkembang maka anak-anak bisa kehilangan nafsu makan karena tubuh mereka sedang berkembang , hal ini bisa terjadi kapan saja dan fase iini mengakibatkan fluktuasi selera makan.

  • Alergi makanan

Ada beberapa makanan tertentu yang bisa membuat nafsu makan anak menjadi berkurang hal ini bisa terjadi akibat reaksi terhaadap makanan atau tekstur tertentu yang di anggap tidak menyenangkan, karena anak-anak memiliki gangguan pemrosesan sensorik.

Itulah beberapa alasan pada umumnya kenapa anak tidak nafsu makan , karena jika anak mengalami gangguan atau tidak nafsu makan maka orangtua wajib mengembalikan nafsu makan pada anak karena anak agar bisa berkembang dengan baik.(EricaRF)

Baca juga: 2 Resep Minuman yang Bisa Kalian Buat dirumah untuk Menghangatkan Tubuh Kalian di Musim Hujan

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait