Mengejutkan! Ternyata Asam Jawa Memiliki Banyak Manfaat Lho

Kesehatan —Jumat, 18 Aug 2023 15:21
    Bagikan  
Mengejutkan! Ternyata Asam Jawa Memiliki Banyak Manfaat Lho
Ilustrasi asam jawa. (Pinterest)

DEPOSBALI-, Asam jawa adalah jenis buah tropis yang berasal dari pohon asam asli Afrika, tetapi juga tumbuh di daerah tropis lain.
Pohon asam menghasilkan polong seperti kacang yang mengandung biji dan daging yang berserat. Saat dimasak, asam jawa ini dapat menghasilkan rasa asam manis yang sangat khas.
Asam jawa yang sudah dalam bentuk pasta bisa langsung digunakan dalam masakan. Kita bisa saja langsung memasukkan asam jawa ke dalam masakan.
Tapi, bila ingin hasil masakan yang lebih sedap dan bumbu menyatu dengan lebih sempurna, ada baiknya asam jawa dilarutkan terlebih dahulu dengan air hangat.
Manfaat asam jawa juga selain dapat mengurangi resiko penyakit diabetes, ternyata mengonsumsi asam jawa juga bisa membantu menurunkan berat badan.
Melansir Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, asam jawa termasuk dalam kategori buah-buahan tropis yang dapat menurunkan obesitas.
Asam jawa juga bisa untuk mengecilkan perut. Selain itu, asam jawa kaya akan serat yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan sehingga dapat memicu penurunan berat badan secara keseluruhan, termasuk menghilangkan lemak perut.
Dengan mengonsumsi asam jawa maka sistem pencernaanmu akan berjalan dengan lancar. Asam jawa dapat merangsang aktivitas empedu sehingga efektif untuk membantu melarutkan makanan dengan cepat.

Baca juga: Amalan yang Bisa di Lakukan di Hari Jumat


Untuk ukuran yang dianggap aman dalam mengonsumsi asam jawa sehari-hari adalah sebanyak 10 gram.
Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa HCA dapat menghambat enzim dalam tubuh yang mendorong penyimpanan lemak atau dengan kata lain HCA dapat memperlambat produksi lemak. Inilah mengapa asam jawa bisa digunakan untuk membantu menurunkan berat badan.
Asam ini dapat ditemukan di tanaman lain, tetapi paling sering ditemukan di tanaman asam, seperti asam jawa.
Selain untuk kesehatan, asam jawa mengandung asam alpha-hydroxy (AHA), yang merupakan eksfolian alami. AHA membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit wajah, sehingga dapat membantu mengurangi noda dan bintik hitam.
Asam jawa memang identik dengan penyedap rasa pada sayuran agar terasa lebih nikmat. Rasa asam yang dihasilkan ini sangat mudah didapatkan dan harganya relatif murah.
Asam jawa dipercaya dapat menjadi sumber antioksidan karena kaya akan kandungan fitonutrien. Hal ini juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menjaga sistem imunitas tetap prima.
Antioksidan juga diperlukan untuk mengurangi dampak inflamasi yang ditimbulkan oleh stres oksidatif.
Asam Jawa juga ternyata mampu mencegah terjadinya diabetes. Efek kesehatan ini dikarenakan kandungan antiinflamasi dari ekstrak biji asam jawa yang terbilang efektif sebagai perlindungan potensi, dan meningkatkan pengaturan gula darah agar tetap normal.
Saat dikonsumsi secara rutin oleh pengidap diabetes, asam jawa dapat menurunkan kadar gula dalam darah.
Jadi, sangat disarankan untuk mengonsumsi asam jawa secara rutin guna mendapatkan segala manfaat bagi kesehatan.
Salah satu makanan yang menyehatkan dan rasa asam dari buah ini sangat terasa adalah dengan mengonsumsi sayur asem. Jika Anda memiliki cara lain untuk menikmati asam jawa, lakukanlah selama masih dalam takaran normal.
Demikian tadi beberapa manfaat dari asam jawa. Semoga bermanfaat. (Erica R Feby)

Baca juga: 5 Cara Mencuci Baju Warna Putih Agar Tidak Berubah Warna

Editor: Widya
Tags :
Asam jawa
    Bagikan  

Berita Terkait