Tips Merawat Wajah Menggunakan Rose Water

Kesehatan —Selasa, 10 Jan 2023 10:32
    Bagikan  
Tips Merawat Wajah Menggunakan Rose Water
Rose Water.*(FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Air mawar telah digunakan oleh banyak orang selama berabad-abad mulai dari Abad Pertengahan. Cairan harum ini telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama bagi kulit. Air mawar seringkali digunakan dalam makanan, minuman, dan produk kecantikan.

Merupakan air yang dibuat dari hasil rendaman kelopak bunga mawar, air mawar dianggap sebagai ramuan ajaib. Pemakaian air mawar untuk perawatan kulit wajah telah dilakukan oleh Ratu Mesir yakni Cleopatra dalam rangkaian perawatan kecantikannya.

Melansir dari bebeautiful.in, inilah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari pemakaian air mawar:

  • Membantu menjaga tinkgkat pH kulit.
  • Mengontrol produksi sebum berlebih.
  • Melembapkan dan menutrisi kulit.
  • Menenangkan kulit dengan kondisi eczema, dermatitis, jerawat, dan berbagai jenis inflamasi kulit lainnya.
  • Memperkuat fungsi skin barrier dan melindungi kulit dari polusi lingkungan yang berbahaya.
  • Memiliki manfaat yang beragam, air mawar dapat menjadi pilihan produk perawatan andalan bagi kulit wajah. Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara memakai air mawar untuk perawatan wajah.

Air Mawar sebagai Toner Wajah

Toner merupakan salah satu produk perawatan wajah yang wajib dimiliki bagi para beauty enthusiast. Toner bekerja dengan menghilangkan minyak dan kotoran pada kulit yang belum tersingkirkan setelah mencuci muka. Toner juga berfungsi untuk membersihkan serta menjaga keseimbangan pH kulit.

Air mawar dapat dijadikan sebagai toner alami karena dapat membantu menjadi keseimbangan pH kulit. Kandungan di dalam air mawar juga bermanfaat untuk membersihkan pori-pori dan mengencangkan kulit.

Melansir dari femina.in, berikut merupakan cara memakai air mawar sebagai toner wajah:

  • Tuangkan beberapa tetes air mawar ke kapas.
  • Tepukkan kapas secara lembut ke wajah.
  • Diamkan hingga toner air mawar meresap sempurna ke dalam kulit.
  • Pemakaian toner air mawar juga bisa dilakukan dengan memasukkan air mawar ke dalam botol spray lalu semprotkan ke kulit wajah secukupnya. Diamkan hingga toner air mawar meresap ke kulit sebelum beralih ke produk perawatan wajah selanjutnya. Penggunaan toner air mawar yang rutin juga dapat membuat kulit terbebas dari minyak berlebih dan membantu mencegah munculnya masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

Baca juga: Tim Bulutangkis Bertolak ke Malaysia Jelang Malaysia Terbuka 2023

Air Mawar untuk Meratakan Warna Kulit

Siapa sangka jika air mawar ternyata juga bisa digunakan untuk mengurangi pigmentasi kulit yang membuat warna kulit menjadi tidak merata. Melansir dari bebeautiful.in, berikut cara memakai air mawar untuk meratakan warna kulit

1. Semprotkan air mawar pada wajah dan leher.
2. Pijat secara lembut selama 3-4 menit.
3. Bilas wajah dan leher dengan air dingin.
4. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Air mawar juga dapat dicampurkan dengan lemon untuk memberikan efek mencerahkan pada wajah. 5. Namun, perlu diingat bahwa disarankan untuk melakukan patch test sebelum mengikuti tips ini.

Air Mawar sebagai Setting Spray

Memiliki manfaat melembapkan kulit, air mawar juga dapat digunakan sebagai hydrating makeup setting spray. Berikut cara memakai air mawar sebagai makeup setting spray seperti yang dilansir dari herbaldynamicsbeauty.com:

Jika tampilan makeup terlihat cakey, maka aplikasikan air mawar sebanyak 1-2 semprotan untuk membantu mengembalikan kelembapan kulit dan mencairkan makeup agar dapat menempel pada kulit dengan baik.
Jika menggunakan teknik spons yang lembab dalam mengaplikasikan makeup, maka sangat disarakan untuk mengganti air biasa dengan air mawar untuk membasahi sedikit spons makeup. Cara ini akan membuat makeup menjadi lebih tahan lama.

Air Mawar sebagai Makeup Remover

Banyaknya produk makeup remover yang menggunakan bahan kandungan keras sehingga terkadang tidak cocok pada kulit yang sensitif dan membuat iritasi. Memiliki kandungan astringent, membuat air mawar dapat membantu menghilangkan makeup, kotoran, dan debu pada kulit. Oleh karena itu, air mawar dapat dijadikan alternatif produk makeup remover yang aman dan lembut bagi kulit.

Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan membasahi kapas dengan air mawar lalu tekan dengan lembut pada kulit. Diamkan selama beberapa menit lalu usap dengan lembut. Wajah pun akan bersih dari makeup dan sisa-sisa kotoran. (RA)

Baca juga: Jangan Lewatkan Keseruan Film Sewu Dino

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait