Simak Manfaat Beras Kencur yang Baik untuk Tubuh

Kesehatan —Jumat, 16 Dec 2022 14:11
    Bagikan  
Simak Manfaat Beras Kencur yang Baik untuk Tubuh
Beras Kencur.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Beras kencur sudah lama dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia terutama diolah menjadi jamu. Ramuan tradisional ini dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga mencegah beberapa penyakit tertentu.

Seperti namanya, jamu beras kencur terbuat dari beras dan rimpang kencur yang dihaluskan bersama. Beragam manfaat yang ditawarkan jamu beras kencur tak lepas dari kandungan nutrisi kedua bahan tersebut.

Banyak kandungan dalam beras yaitu kalsium, fosfor, dan kalium, serta beberapa vitamin yang penting bagi tubuh. Sedangkan rimpang kencur mengandung flavonoid, kalium, fosfor, magnesium, zat besi, mangan, dan zinc.

Baca juga: Saksikan Film The Big 4 Dibintangi Oleh Putri Marino

Inilah manfaat beras kencur secara ilmiah menurut halodoc.com

Kebanyakan masyarakat akrab dengan salah satu menu jamu tradisional, beras kencur. Tidak hanya kencur asli, tanaman kencur yang diolah bersama beras memiliki manfaat jika sudah berupa jamu tradisional. Tidak ada salahnya ketahui beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan ketika mengonsumsi jamu beras kencur.

Jika kamu memiliki masalah pencernaan sebaiknya jangan langsung mengonsumsi obat-obatan, kamu bisa mencoba mengonsumsi ramuan jamu tradisional beras kencur. Dilansir dari International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, jamu beras kencur membantu untuk mengatasi gangguan pencernaan yang kamu alami, misalnya sakit perut atau diare.

Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Tanjungpura Pontianak, jamu beras kencur dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mencegah penyakit diabetes. Jamu beras kencur memiliki kandungan senyawa fenolik yang bekerja sebagai antioksidan yang berkontribusi pada penyakit diabetes.

Manfaat tersebut sudah terbukti secara ilmiah dan dibuktikan dengan penelitian. Masyarakat masih banyak percaya dengan manfaat beras kencur lainnya, seperti meningkatkan berat badan, mencegah dan mengobati jerawat pada wajah, menangkal radikal bebas dari polusi udara, dan pengobatan sakit kepala serta pegal-pegal. Meskipun demikian, belum ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat tersebut.(rin)

Baca juga: Mengenal Bunglon, Hewan Jenis Reptil yang Memiliki Keunikan

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait