Quinoa, Tanaman Biji-bijian yang Kaya Akan Manfaatnya

Kesehatan —Senin, 21 Nov 2022 15:22
    Bagikan  
Quinoa, Tanaman Biji-bijian yang Kaya Akan Manfaatnya
Manfaat Quinoa.* (FOTO:P: Pinterest)

DEPOSTBALI,-  Quinoa adalah sejenis tanaman biji-bijian yang teksturnya menyerupai kacang, berbentuk pipih dan sedikit lonjong, serta biasanya berwarna kuning pucat. Rasanya pun bervariasi, mulai dari pahit hingga manis. memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan biji-bijian lainnya. Quinoa mengandung makronutrisi, yaitu lemak, protein, dan karbohidrat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, Quinoa ini juga memiliki beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin E, folat, kalsium, magnesium, zat besi, dan kalium. Bahkan, berbagai jenis antioksidan pun juga dapat Anda temukan di dalamnya, seperti lutein, zeaxanthin, quercetin, dan kaempferol.
Berbagai Manfaat Quinoa untuk Kesehatan;

1. Mengontrol kadar gula darah
Manfaat quinoa adalah mengurangi kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil, terutama bagi penderita diabetes. Manfaat ini berasal dari kandungan serat, karbohidrat kompleks, vitamin dan mineral, serta antioksidan yang terkandung di dalam quinoa. Selain itu, quinoa juga termasuk dalam jenis makanan dengan indeks glikemik rendah, sehingga tidak membuat kadar gula darah cepat melonjak.

2. Mencegah anemia
Quinoa juga termasuk makanan yang baik untuk mencegah anemia, karena kandungan zat besi dan folat yang cukup tinggi. Kedua nutrisi ini berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Jika asupan zat besi dan folat berkurang, tubuh Anda akan rentan terkena anemia. Tak hanya mengonsumsi quinoa, Anda juga disarankan mengonsumsi sumber zat besi dan folat lainnya, seperti daging, ikan, makanan laut, atau sayuran berwarna hijau.

Baca juga: Rekomendasi Motor Irit Bahan Bakar

3. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular
Quinoa adalah salah satu pilihan makanan yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ini karena quinoa mengandung banyak serat, protein, antioksidan, serta mineral, seperti kalium dan magnesium. Berbagai riset menunjukkan bahwa pola makan sehat dan tinggi serat, termasuk konsumsi quinoa secara rutin, dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah. Kandungan kalium pada quinoa juga baik untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi. Inilah alasannya mengapa quinoa bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung serta mencegah penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

4. Menurunkan berat badan
Quinoa termasuk dalam jenis makanan tinggi serat, sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan berlebih. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa makanan sehat, termasuk quinoa, mampu menjaga metabolisme tubuh tetap lancar dan mengontrol nafsu makan. Jadi, bila Anda ingin menurunkan atau menjaga berat badan tetap ideal, quinoa bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang tepat untuk Anda konsumsi sehari-hari.

5. Mencegah sembelit
Sebagai sumber serat yang baik, quinoa tak hanya bermanfaat untuk mengontrol berat badan, tetapi juga baik untuk kesehatan pencernaan. Makanan yang mengandung banyak serat ini diketahui dapat mencegah dan mengatasi berbagai gangguan pencernaan, seperti konstipasi. Selain itu, quinoa juga memiliki efek prebiotik. Ini artinya quinoa bisa menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di dalam usus, sehingga kesehatan saluran pencernaan bisa tetap terjaga.
Itulah manfaat Quinoa untuk kesehatan, Semoga Bermanfaat -RIRIN

Baca juga: Membuat Cake Pops untuk Cemilan Anak

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait